Gerindra Bakal Komunikasi dengan PKB Soal Pertemuan Bersama Golkar
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad/DOK FOTO: VOI- Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan partainya akan berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait pertemuan partai berlambang Ka'bah tersebut dengan Partai Golkar.

"Mungkin dalam sehari, dua hari, kita akan komunikasi dengan PKB dan tentunya kami akan sampaikan kepada ketua umum tentang apa-apa yang dihasilkan oleh PKB (bertemu Partai Golkar)," kata Dasco dikutip ANTARA, Kamis, 11 Mei.

Dasco menyebut komunikasi tersebut juga dimaksudkan untuk mengkonfirmasi kabar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang diusulkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya belum tahu dan juga belum mendapatkan kabar untuk kemudian nama yang disampaikan kepada siapa atau disodorkan melalui siapa. Apakah kemudian hasil pertemuan antara PKB dan Golkar hasilnya seperti itu, saya belum mendapat update," jelasnya.

Dasco mengatakan bahwa pertemuan PKB dengan Partai Golkar yang merupakan partai politik anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu dilakukan atas sepengetahuan Partai Gerindra pula.

"Selain saling memberikan informasi sebelum pertemuan, kami (Gerindra dan PKB) juga saling update setelah melakukan pertemuan," ujarnya.

Dia mengatakan pertemuan antara PKB dengan Partai Golkar yang berbeda koalisi tersebut dimaksudkan guna menjajaki kemungkinan memperbesar Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Sesuai dengan kontrak yang dilakukan oleh Partai Gerindra dan PKB itu kami ada kerja sama politik dan untuk memperluas kerja sama tentunya kami masing-masing melakukan penjajakan juga ke masing-masing partai politik," tuturnya.

Dasco pun menegaskan keputusan terkait bakal calon presiden dan calon wakil presiden KKIR diserahkan sepenuhnya kepada Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagaimana kesepakatan kedua partai politik tersebut.

"Sehingga segala kemungkinan yang ada, nama yang ada itu akan diputuskan oleh Pak Prabowo dan Pak Muhaimin," ucapnya.

Adapun terkait pendaftaran bakal calon legislatif Partai Gerindra, Dasco menyebut partainya berencana menyambangi KPU pada Sabtu (13/5).

Sebelumnya, Rabu (10/5), PKB melangsungkan pertemuan dengan Partai Golkar. Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPP PKB Faisol Riza menegaskan bahwa partai-nya mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024.

"PKB mengusung Prabowo sebagai capres. Itu harus dicatat," kata Faisol.

Sementara pada Rabu (3/5), Partai Golkar dan PKB sepakat membangun koalisi inti sebagai bentuk tindak lanjut dari wacana pembentukan koalisi besar saat Airlangga melangsungkan pertemuan dengan Muhaimin di resto Plataran Senayan, Jakarta.

"Kita berdua berbicara koalisi besar dan koalisi besar itu membutuhkan koalisi inti, dan koalisi inti itulah yang hari ini kita duduk bersama, di mana koalisi inti ini antara Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa," kata Airlangga.