BMKG Imbau Waspadai Potensi Banjir akibat Hujan Lebat di Pegunungan Sumut
Ilustrasi. (Pexels)

Bagikan:

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut adanya potensi terjadinya hujan lebat di kawasan pegunungan Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir. Untuk ini, BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada.

“Masyarakat di wilayah Sumatera Utara diimbau untuk tetap waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir di kawasan pegunungan dan lereng Timur Sumatera Utara," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Christin A. Matondang, Sabtu.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang di wilayah Sumatera Utara.

Potensi hujan sedang terjadi di wilayah Nias, Langkat, Deli Serdang, Medan, Dairi, Pakpak Barat, Binjai dan sekitarnya, dikutip ANTARA, Sabtu, 6 Mei.

Malam hari berpeluang hujan ringan hingga lebat di wilayah Nias, Langkat, Deli Serdang, Medan, Dairi, Pakpak Barat, Binjai, Serdang Bedagai, Toba, Mandailing Natal, , Tapanuli Tengah, Sibolga, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Suhu udara rata rata 17.0 – 32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara: 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.