Dampak Penutupan Jalan Otista, Jam Masuk Sekolah di Kota Bogor Diubah
Ruas Jalan Otitsa Kota Bogor (VOI)

Bagikan:

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor akan menutup Jalan Otto Iskandardinata (Otista) selama 8 bulan imbas pembangunan Jembatan Otista di ruas jalan tersebut. Penutupan Jalan Otista Bogor dimulai malam ini, Senin 1 Mei pukul 21.00 WIB.

Dampak penutupan ini, sejumlah ruas jalan di Kota Bogor akan dilakukan rekayasa lalu lintas.

Tak hanya arus lalu lintas, jam masuk sekolah untuk tingkat TK/PAUD, SD, dan SMP di Kota Bogor juga diubah, dari semula masuk pukul 07.00 WIB menjadi 08.00 WIB. Kebijakan sementara ini berlaku mulai 2-9 Mei 2023.

"Untuk mengantisipasi keterlambatan peserta didik masuk sekolah pada jam normal dan untuk adaptasi sistem lalu lintas baru, maka jam masuk sekolah dilakukan perubahan," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto, Rabu 5 Mei.

Pihaknya memprediksi dampak penutupan jalan Otista mulai 1 Mei 2023 ini akan terjadi perlambatan akibat pemilihan penyesuaian rute pengguna jalan, pengaturan pola pengendalian lalu lintas oleh petugas pada sistem jaringan jalan di Kota Bogor.

"Demikian untuk dijadikan perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan disepakati bahwa Jembatan Otista ini akan ditutup mulai pukul 21.00 WIB, hari Senin besok 1 Mei," kata Bima Arya kepada wartawan.

Meski begitu, dijelaskan Bima Arya, sebelum penutupan Jembatan Otista Kota Bogor dilaksanakan, hasil kesepakatan dengan Muspida bahwa penutupan Jalan Otista dimulai pukul 21.00 WIB.

"Kami sepakat ditutup mulai malam hari karena perkiraan hari Senin masih akan ada arus masuk ke Kota Bogor, baik arus mudik maupun liburan panjang yang kemungkinan masih akan masuk sampai sore hari," ujar Bima.