Arus Balik di Cianjur Menuju Bogor atau Bandung Masih Ramai H+5 Lebaran
Arus balik mudik di Cianjur masih ramai lancar pada H+5 Lebaran, Jumat (28/4/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri).

Bagikan:

CIANJUR - Arus balik mudik di ruas jalur Cianjur menuju Bogor atau Bandung masih ramai lancar memasuki H+5 Lebaran 2023.

Pantauan Antara via Bundaran Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur, arus balik kendaraan mengalami peningkatan menjelang Jumat 28 petang, sehingga sempat terjadi antrean kendaraan.

Puluhan petugas pun turun di jalan mengawal arus kelancaran arus kendaraan menuju arah Puncak, Cipanas, Bogor, dan seterusnya karena volume kendaraan mengalami peningkatan.

Laju kendaraan juga tersendat di sejumlah titik rawan seperti Pertigaan Cipeuyeum, Pasar Ciranjang, Bundaran Tugu Lampu Gentur, Pasar Cipanas, pertigaan Kebun Raya Cibodas dan pertigaan Hanjawar, sehingga petugas di pos pam diturunkan ke jalan untuk mengatur arus lalulintas.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anaga Budiharso mengatakan H+5 lebaran volume kendaraan dengan ciri khas mudik yang melintas didominasi kendaraan roda empat dengan barang bawaan di bagian atap mobil dan kendaraan roda dua dengan jumlah per menit sekitar 150 unit.

"Volume kendaraan pemudik dengan tujuan balik arah Jabodetabek masih tinggi, sehingga untuk antisipasi macet di sejumlah titik rawan dan jalur Puncak, petugas melakukan pagar betis guna mengatur lalulintas agar tetap lancar," katanya, disitat Antara. 

Anaga juga mencatat volume kendaraan pemudik menuju arah Bandung masih tinggi karena sengaja pulang kampung terlambat untuk menghindari macet di jalur mudik Cianjur sebelum hari raya.

"Kendaraan pemudik yang pulang terlambat juga masih tinggi ke arah Bandung dan seterusnya," tandasnya.