Tiga Skenario Pemerintah Pulangkan WNI Asal Sudan
WN Indonesia asal Sudan di Asrama Haji Pondok Gede Jaktim/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Pusat telah menyiapkan tiga skenario untuk memulangkan ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil diselamatkan dari perang saudara di Sudan.

Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana, Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Nelwan Harahap mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan ulang terhadap para WNI tersebut. Nantinya mereka dapat kembali pulang ke rumahnya masing-masing secara mandiri.

“Nanti kami tetap nanti minta kontak dari keluarganya atau identitas penjemputnya sebagai jaminan bagi kita bahwa yang bersangkutan bisa selamat dan sampai di tujuan,” kata Nelwan kepada wartawan di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat, 28 April.

Nelwan juga mengatakan untuk skenario kedua yakni pihaknya melalui Kemendagri yang sudah mengirimkan kawan kepada pemerintah daerah asal mereka nanti akan dituju untuk pemulangan. Tujuannya untuk minta dukungan nanti pemulangan ke daerah asal masing-masing.

Ada lima pemerintah daerah (Pemda) yang telah terdata bakal menjemput warganya di Asrama Haji. Adapun lima pemda itu diantaranya Provinsi Aceh, Jawa Timur, Lampung, Riau, dan Bengkulu.

“Kami masih tetap menunggu nanti konfirmasi dari pemerintah daerah yang akan menjemput keluarganya ke sini untuk dipulangkan ke daerah asal masing-masing,” ucapnya.

“Skenario ketiga, jika misalnya nanti tidak ada kemampuan mereka untuk pulang mandiri dan pemerintah daerah juga tidak ada konfirmasi untuk menjemputnya, kami juga sudah berkoordinasi dengan rekan-rekan lembaga-lembaga kemanusiaan nanti kami akan fasilitasi untuk memulangkan mereka sampai ke daerah asal masing-masing dengan selamat,” sambungnya.