Kontak Senjata dan Ledakan Bom Membuat WNI di Sudan Ketakutan: Dari Dulu Mau Pulang, Tapi Tak Punya Uang
WN Indonesia asal Sudan ditampung di Asraman Haji Pondok Gede setelah dievakuasi/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu WNI bernama Sarniah binti Sarnata (31) mengatakan, proses pemulangan ini segera dilakukan oleh pemerintah Indonesia mengingat terjadinya konflik bersenjata yang makin memburuk antara Militer Pemerintah Sudan dan Milisi Rapid Support Force (RSF) di Khartoum tanggal 15 April 2023.

"Saya sudah berada di sana selama 8 tahun, di sana ada bom, ada perang gitu. Saya kurang mampu, mau pulang nggak ada duit dari dulu mau pulang tapi nggak ada uang," kata sarniah.

Asisten Deputi Kedaruratan dan Manajemen Pasca Bencana, Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana, Nelwan Harahap mengatakan pihaknya akan melakukan pendataan ulang terhadap para WNI tersebut. Nantinya mereka dapat kembali pulang ke rumahnya masing-masing secara mandiri.

“Nanti kami tetap nanti minta kontak dari keluarganya atau identitas penjemputnya sebagai jaminan bagi kita bahwa yang bersangkutan bisa selamat dan sampai di tujuan,” kata Nelwan kepada wartawan di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat, 28 April.