Bagikan:

JAKARTA - Militer AS telah mengevakuasi staf kedutaan Amerika dari Khartoum saat pertempuran antara tentara Sudan dan sebuah kelompok paramiliter memasuki minggu kedua setelah jeda singkat.

Hal ini disampaiakan Presiden AS Joe Biden, Minggu, 23 April dikutip dari AFP lewat pemberitaan Channelnewsasia. Pertempuran di Sudan telah menyebabkan ratusan orang tewas dan ribuan lainnya luka-luka, sementara para penyintas mengatasi kekurangan listrik dan makanan.

"Hari ini, atas perintah saya, militer Amerika Serikat melakukan operasi untuk mengeluarkan personel Pemerintah AS dari Khartoum," kata Biden dalam pernyataan yang dirilis Sabtu malam. 

Biden mengucapkan terima kasih atas keahlian tak tertandingi dari anggota layanan kami yang berhasil menyelamatkan mereka. Djibouti, Etiopia, dan Arab Saudi telah membantu dalam operasi tersebut.

Pasukan Pendukung Cepat (RSF), kelompok paramiliter bersenjata lengkap yang saat ini menantang otoritas tentara reguler di ibu kota dan di tempat lain, men-tweet beberapa jam sebelumnya bahwa mereka telah "berkoordinasi dengan Misi Pasukan AS yang terdiri dari 6 pesawat, untuk mengevakuasi diplomat dan keluarga mereka. pada hari Minggu pagi".

Negara-negara asing mengatakan mereka sedang mempersiapkan potensi evakuasi ribuan warga negara mereka, meskipun bandara utama Sudan tetap ditutup.

Lebih dari 150 orang dari berbagai negara telah mencapai tempat aman Arab Saudi sehari sebelumnya, dalam evakuasi warga sipil yang diumumkan pertama kali.

Saat angkatan laut kerajaan mengangkut warga sipil, termasuk diplomat dan pejabat internasional, melintasi Laut Merah dari Port Sudan ke Jeddah, pertempuran kembali terjadi di Khartoum setelah gencatan senjata sementara membuat tembakan mereda sejenak pada hari Jumat, hari pertama Idulfitri.

Idulfitri biasanya merupakan perayaan besar bagi orang Sudan yang menandai berakhirnya bulan suci Ramadan umat Islam. Tahun ini ditandai dengan ketakutan, kesedihan, dan kelaparan.

Sebelumnya pada hari Sabtu, tentara Sudan mengatakan pemimpinnya Abdel Fattah al-Burhan telah menerima telepon dari para pemimpin berbagai negara untuk "memfasilitasi dan menjamin keamanan bagi warga yang mengungsi dan misi diplomatik".

Disebutkan bahwa evakuasi diharapkan dimulai "dalam beberapa jam mendatang." AS, Inggris, Prancis, dan China berencana untuk mengangkut warga negara mereka ke luar dari Khartoum menggunakan pesawat militer.

Burhan mengatakan kepada TV Al-Arabiya milik Saudi bahwa tentara mengendalikan "semua bandara, kecuali bandara Khartoum" dan satu di Nyala, ibu kota Darfur Selatan.

Peperangan perkotaan dimulai pada 15 April antara pasukan yang setia kepada Burhan dan wakilnya yang berubah menjadi saingannya Mohamed Hamdan Daglo.

Daglo memimpin RSF, yang muncul dari para pejuang Janjaweed yang dilepaskan di Darfur oleh mantan pemimpin Omar al-Bashir, dengan tuduhan kejahatan perang.