Arus Mudik 2023, Jalur Selatan Nagreg Jawa Barat Macet Kamis Sore
Situasi lalu lintas padat merayap di Jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/4/2023). (ANTARA)

Bagikan:

BANDUNG - Arus mudik di jalur nasional kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dalam kondisi padat merayap pada Kamis 20 April sore atau H-2 Lebaran 2023.

Humas Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Eric Alam Prabowo mengatakan pada H-2 ini volume kendaraan yang melintas jalur selatan melalui Nagreg terpantau meningkat pesat.

"Terpantau dari pukul 00.00 WIB sampai saat ini lalu lintas lumayan deras mengarah Nagreg," kata Eric di Pos Pemantauan Dishub dikutip ANTARA, Kamis 20 April.

Kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di Nagreg, antara lain karena imbas kepadatan yang terjadi di kawasan Limbangan (Kabupaten Garut). Di samping itu, sejumlah kendaraan pemudik mulai menepi untuk mempersiapkan berbuka puasa.

Selain itu, kepadatan diakibatkan lajur ke arah timur yang menyempit dari tiga lajur menjadi satu lajur mulai dari kawasan Cikaledong (Nagreg) hingga ke Limbangan.

Eric menjelaskan volume kendaraan di Nagreg memuncak pada H-3 Lebaran 2023. Selama 24 jam pada H-3 itu, menurutnya, tercatat ada sebanyak 129 ribu kendaraan yang melintasi Nagreg ke arah timur.

Kemudian pada H-2 Lebaran 2023, jumlah kendaraan yang melintasi Nagreg berpotensi lebih banyak dibandingkan H-3. Karena pada H-2 sejak pukul 00.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB tercatat sudah ada 53 ribu kendaraan yang melintasi Nagreg.

"Data H-3 sebenarnya sudah memecahkan puncak arus mudik tahun 2022 yang berjumlah hanya 121 ribu kendaraan," kata dia.