Mudik Lebaran, Ambulans Motor hingga Posko Kesehatan Disiapkan Kemenkes
Foto udara antrean sejumlah kendaraan pemudik melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan puskesmas, rumah sakit, hingga ambulans motor dan posko kesehatan menyambut mudik lebaran tahun ini.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, 

fasilitas ini siap memberi pelayanan kesehatan dasar sekaligus mendata pemudik.

Terdapat 10.374 puskesmas; 3.000 lebih rumah sakit di seluruh Indonesia; 2.074 posko kesehatan; dan 352 unit ambulans motor Public Safety Center yang disediakan.

"Nantinya setiap posko kesehatan akan melaporkan pendataan dari pemudik yang berkunjung supaya bisa dilihat jika ada peningkatan tren penyakit," kata Maxi dikutip dari situs resmi Kemenkes, Rabu, 19 April.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Yanti Herman mengatakan adanya ambulans motor itu karena belajar dari kondisi mudik lebaran pada tahun sebelumnya. "Banyak pemudik yang butuh pertolongan pertama," tegasnya.

"Ambulans motor menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau pemudik di jalur mudik. Kendaraan tersebut dikemudikan oleh tenaga kesehatan agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dan bisa memberikan pengobatan," sambung Yanti.

Lebih lanjut, Kemenkes juga telah melepas tim pemantauan posko kesehatan mudik 2023 pada Senin, 17 April lalu.

Nantinya, mereka akan pergi ke jalur yaitu jalur Jakarta-Surabaya untuk memantau jalan tol dan akan singgah di RSUD dr. Gondo Suwarno Semarang, Rumah Sakit Nganjuk untuk kesiapan rumah sakit rujukan. Berikutnya, tim akan melalui melalui jalur tol beberapa posko yang ada di tol dan juga akan memantau kesiapan Puskesmas di Pelabuhan Surabaya.

Jalur tim pemantauan kedua yaitu jalur Jakarta–Palembang akan memantau posko kesehatan di Tangerang, Serang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten, RSUD, dr. Bob Bazar di Lampung, dan beberapa Puskesmas di Lampung. Selanjutnya, mereka akan memantau RSUD Kayuagung Palembang, posko kesehatan di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, dan pemantauan di terminal Alang-Alang Lebar.

Kemudian jalur Surabaya–Banyuwangi–Denpasar akan dilakukan pemantauan di Pelabuhan Katapang Banyuwangi, pos kesehatan Gilimanuk, Puskesmas Melaya Gilimanuk, dan RSUD Jembrana Bali. Jalur selanjutnya adalah jalur mudik Pantai Selatan (Pansela).

Tim pemantauan ini diisi Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer, Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat, Pusat Krisis Kesehatan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, serta Biro Komunikasi Dan Pelayanan Publik.

Terkait