40 Armada Bus Mudik Gratis 2023 Terancam Tak Dimanfaatkan, Kemenhub Ungkap Alasannya
Situasi di Terminal Poris Plawad Tangerang/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Program mudik gratis yang digelar pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terancam sia-sia. Sebab, ada puluhan bus yang kemungkinan besar tak dimanfaatkan untuk angkutan mudik gratis Lebaran 2023.

Pada tahun ini, Kemenhub sendiri telah menyediakan 24.072 kursi kuota mudik, yang terdiri 18.528 untuk mudik Lebaran 2023 (459 bus) dan 5.544 orang untuk arus balik (126 bus). Sehingga, total ada 585 bus disiapkan untuk program mudik gratis 2023.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto menyebut, banyak masyarakat yang hanya mendaftar ikut program mudik gratis, tetapi tidak benar-benar memanfaatkan kuota yang diberikan.

"Saat ini, kami sudah melaksanakan verifikasi dan ada kurang lebih 1.600 yang mendaftar di beberapa lokasi. Sehingga, dengan adanya cashless ini, kami sudah langsung mengetahui siapa saja yang coba-coba untuk mendaftar tetapi bukan serius," kata Suharto dalam Bincang Santai Jelang Berbuka 2023 'Mudik Aman dan Nyaman dengan Cashless' secara virtual, dikutip Rabu, 19 April.

Suharto mengatakan, akibat banyak masyarakat yang mendaftar di sejumlah kementerian/lembaga lain, membuat kuota bus yang ada menjadi sia-sia. 

Diketahui, total ada 40 armada bus untuk angkutan mudik gratis tidak digunakan, padahal sudah siap beroperasi karena telah terdaftar. Hal tersebut, kata Suharto, bisa terlihat dari aplikasi Mitra Darat.

"Hasilnya, dari 1.600 pendaftar mudik gratis, baru 350 yang konfirmasi untuk ikut program Mudik Gratis dari Kemenhub, ada beberapa juga yang ikut di program kementerian/lembaga lain, seperti Jasa Raharja, sisanya kami anggap tidak serius karena tidak beri konfirmasi," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Suharto, masyarakat yang mendaftar program mudik gratis harus melakukan verifikasi. Jika tidak, pihaknya akan menggugurkan kepesertaannya dan dialihkan kepada calon peserta mudik lainnya.

"Yang tidak mendaftar (ulang) kami anggap tidak serius dan kami hapus, lalu kami buka lagi untuk memberi kesempatan bagi masyarakat yang membutuhkan," ungkapnya.

Adapun tujuan adanya mudik gratis tersebut, yakni untuk mengurangi pemudik motor, yang mana tahun ini diprediksi bakal ada 25,13 juta orang yang berencana mudik menggunakan motor.