Menhub Dapat Perintah dari Presiden Jokowi, Beri Mudik Gratis Termasuk Makanan untuk Buka Puasa dan Sahur
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Dok. Kementerian Perhubungan)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya tugas khusus untuk Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Menhub dimintauntuk menyediakan mudik gratis.

Tak hanya menyiapkan kendaraan mudik gratis, Menhub juga diminta untuk menyediakan makanan untuk buka puasa dan sahur secara gratis.

"Saya diperintahkan presiden untuk menyediakan mudik gratis yang disiapkan buka puasa dan makan sahur," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 15 April.

Selain itu, Menhub juga mengingatkan kembali kepada pemudik untuk tetap berhati-hati dan tetap menjaga kesehatan agar selamat sampai di kampung halaman.

Pda kesempatan ini, Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melepas ribuan pemudik menggunakan KM Dobonsolo.

Dia menjelaskan mudik menggunakan kapal pada dasarnya sudah masif di beberapa wilayah seperti Sorong, Ambon, Sulawesi, Banjarmasin, Samarinda, Pangkalan Bun, Balikpapan hingga Medan.

"Kalau menggunakan kapal memakan waktu satu minggu, jadi sejak tiga sampai empat hari yang lalu sudah berjalan," ungkapnya.

Menhub menegaskan sejauh ini belum ada masalah terkait program mudik gratis di seluruh wilayah Indonesia.

Bahkan kata dia, otoritas BMKG telah menyarankan untuk memantau dan berkoordinasi terkait laporan cuaca yang telah dikeluarkan BMKG.