Dengar Nasihat Ulama dan Kiai, Sandiaga Uno Bakal Putuskan Kepindahannya ke PPP Usai Lebaran
Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Bagikan:

MALANG - Kabar soal kepindahan Sandiaga Uno dari Partai Gerindra ke PPP terus berhembus. Bahkan, Sandiaga beberapa kali memberi sinyal kuat jika itu bukan hanya isu semata.

Hal itu disampaikannya kembali saat sela kunjungannya ke salah satu pondok pesantren di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu mengaku terus mendengarkan dan mengumpulkan masukan dari sejumlah pihak terkait hal ini.

Sandiaga mengatakan saat ini dirinya masih akan melakukan renungan, termasuk mendengarkan masukan dari berbagai tokoh, sebelum mengambil keputusan usai perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Banyak melakukan wiridan, kontemplasi dan mendengarkan masukan ulama, para kyai, dan tokoh masyarakat. Setelah Lebaran akan kami sampaikan langkah-langkah ke depan," katanya.

Sandiaga menjelaskan, untuk saat ini dirinya masih fokus bekerja sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta melakukan ibadah pada bulan suci Ramadhan. Salah satu pekerjaan rumah yang harus dilakukan adalah membangkitkan ekonomi masyarakat.

Disinggung keikutsertaannya dalam kontestasi Pilpres 2024, Sandiaga menyerahkan segala keputusan kepada Allah SWT melalui pimpinan partai politik.

"Allah yang menentukan melalui pimpinan parpol, tapi kalau seandainya iya, saya perlu masukan dari ulama," ujarnya, seperti dinukil dari Antara, Sabtu, 15 April.

Ia berharap menjelang pesta demokrasi terbesar di Indonesia pada 2024 itu bisa membawa kesejukan dan tidak terjadi polarisasi di kalangan masyarakat sesuai pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Mohon sabar, mudah-mudahan ini bisa membawa kesejukan kita berpolitik. Pak Presiden berpesan agar kontestasi demokrasi dipersiapkan, tapi jangan sampai terjadi polarisasi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Al-Ittihad, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, untuk melihat salah satu potensi ekonomi kreatif yang dimiliki para santri.

Sandiaga juga berharap para santri yang ada di ponpes tersebut juga berkontribusi dalam penciptaan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.