Mudik 2023, 4 Ribu Kendaraan Pemudik Diprediksi Manfaatkan Tol Bengkulu
Kendaraan yang menggunakan Tol Bengkulu - Taba Penanjung. (Dok. ANTARA)

Bagikan:

KOTA BENGKULU - Untuk mengantisipasi arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah, PT. Hutama Karya menyiapkan sekitar 120 petugas untuk bersiaga di jalan tol Bengkulu - Taba Penanjung yang dibagi dalam tiga jam kerja dalam 1 x 24 jam.

120 petugas tersebut disiagakan guna mengurai kemacetan yang terjadi di pintu tol dengan membantu pengendara untuk melakukan transaksi pembayaran.

Hutama Karya perwakilan Bengkulu memprediksi bahwa sebanyak 4 ribu kendaraan akan melintas di Tol Bengkulu - Taba Penanjung pada puncak arus mudik di wilayah tersebut.

"Kami prediksi saat Idul Fitri nanti sebanyak 4.000 kendaraan akan melintas menggunakan Tol Bengkulu - Taba Penanjung di hari puncak yang pada 2022 hari puncak arus mudik pada H+2," kata Branch Manager Tol Bengkulu - Taba Penanjung Medya Gustian di Kota Bengkulu, Sabtu.

Ia menyebutkan bahwa prediksi 4 ribu kendaraan tersebut karena saat ini rata rata harian kendaraan yang melintas di ruas tol tersebut sekitar 1.100 kendaraan.

Kenaikan kendaraan yang melintas pada arus mudik tersebut terjadi setelah pemerintah pusat memperbolehkan masyarakat untuk mudik saat Idul Fitri.

Selain itu, pihaknya menyiapkan jalur khusus dan personil untuk mempermudah pengendara dalam melakukan isi ulang saldo kartu tol elektronik.

Sementara itu, untuk biaya tol Bengkulu tidak mengalami kenaikan dan sama seperti sebelumnya yaitu golongan I sekitar Rp22 ribu, golongan II dan II Rp33 ribu dan golongan IV dan V sebesar Rp44 ribu.

Sebelumnya pada 26 April hingga 9 Mei 2022 saat arus mudik dan balik Idul Fitri 1443 Hijriah, total kendaraan yang melintas mencapai 45.355 kendaraan roda empat.

Untuk jumlah tertinggi penggunaan jalan Tol Bengkulu yaitu pada arus balik dari 3-9 Mei dengan mencatat sekitar 31.991 kendaraan yang melintas sedangkan pada arus mudik yaitu 25 Maret hingga 2 Mei sekitar 13.364 kendaraan.

Diketahui, Jalan Tol Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer tol pertama di Provinsi Bengkulu tersebut memiliki kecepatan rencana sebesar 80 km/jam dan memiliki waktu tempuh lebih kurang 15 menit dari Bengkulu ke Taba Penanjung yang sebelumnya memakan waktu sekitar satu jam.