Sorot Potensi Kemacetan Arus Mudik di IKN Nusantara Kaltim, Polisi Dirikan Pos di Titik Nol
Kawasan titik nol IKN Indonesia di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim. (ANTARA-Bagus Purwa)

Bagikan:

KALTIM - Pengamanan jalur Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) bakal ditingkatkan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Kapolres Penajam Paser Utara AKBP Hendrik Eka Bahalwan mengatakan, jalur IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku; Kabupaten Penajam Paser Utara ke Kecamatan Samboja; Kabupaten Kutai Kartanegara, sudah dalam keadaan baik dan mulus.

Maka dari itu potensi kemacetan dan kepadatan berpotensi muncul di IKN Nusantara saat momen libur Lebaran 2023.

"Masyarakat yang mudik dan balik lebaran akan melalui jalur IKN karena jalan sudah bagus, jadi pengamanan jalur IKN perlu ditingkatkan," ujarnya di Penajam, Kaltim, Jumat 14 April, disitat Antara.

Eka menyebutkan kepolisian akan membangun posko pengamanan dan pelayanan terpadu di beberapa titik di Kecamatan Sepaku, salah satunya di titik nol IKN Nusantara.

Pada saat mudik dan balik Lebaran perlu diantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di jalur IKN Indonesia baru, jelas Kapolres, dan juga pengunjung yang ingin melihat titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku.

Pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah juga dilakukan mulai jalur Kecamatan Penajam, Waru hingga Kecamatan Babulu.

"Pengamanan dilakukan di pelabuhan penyeberangan di Penajam dan Tunan karena rawan kemacetan serta kecelakaan lalu lintas," tuturnya.

Posko pengamanan dan pelayanan terpadu didirikan di sejumlah titik tersebut ditempatkan personel yang berjaga selama 24 jam mulai tujuh hari sebelum sampai tujuh hari sesudah Lebaran.

Sejumlah wilayah, kata Hendrik Eka Bahalwan, dilakukan pengamanan dan didirikan posko mulai dari pelabuhan penyeberangan hingga titik nol IKN Indonesia baru.

Pengamanan yang dilakukan mengantisipasi jalur mudik dan balik Lebaran yang rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, hingga tempat keramaian.