Bagikan:

BATAM - Badan Keamanan Laut (Bakamla) membangun Pangkalan Bakamla di Setokok Kota Batam, Kepulauan Riau, untuk memperkuat keamanan di zona maritim barat.

“Pembangunan Pangkalan Bakamla di Setokok bertujuan melengkapi prasarana yang dibutuhkan dalam menghadapi kompleksitas pelanggaran patroli keamanan dan penegakan hukum di laut, khususnya di zona maritim barat,” ujar Kepala Bakamla RI Lakdsya TNI Aan Kurnia dilansir ANTARA, Kamis, 13 April.

Pembangunan Pangkalan Bakamla di Setokok Kota Batam yang ditargetkan sudah bisa beroperasi pada tahun 2024 ditandai dengan pemasangan tiang pancang sebagai tanda dimulainya pembangunan pangkalan tersebut serta penanaman bibit pohon secara simbolis guna penghijauan lahan Bakamla RI.

Dia menyebutkan pembangunan pangkalan tersebut ditargetkan untuk penguatan kapasitas sehingga memudahkan mobilitas dan jangkauan kapal patroli, khususnya dalam penguatan keamanan di Laut Natuna.

“Pembangunan pangkalan ini merupakan tahap pertama yang kemudian hari akan dilaksanakan secara berkesinambungan,” kata dia.

Pembangunan Pangkalan Bakamla di Setokok ini merupakan bantuan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan sehingga dapat menggunakan Dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk pembangunan dermaga.

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas pembangunan rusunawa yang sangat membantu percepatan pembangunan sarana prasarana Bakamla RI yang direncanakan beroperasi pada tahun 2024,” ucapnya.