Cerdas Pakai E-Wallet dalam Bertransaksi Digital
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bakti KOMINFO mengadakan Seminar Merajut Nusantara dengan tema "Cerdas Pakai E-Wallet dan Transaksi Digital", pada Senin 10 April.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia khususnya daerah Kediri. Sasaran dan target peserta dari seminar ini yaitu para milenial, guru, dan juga orang tua agar urgensi dari kehadiran dompet digital, manfaatnya serta tantangannya dapat tersebar secara merata.

Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan do'a, menyanyikan lagu Indonesia Raya, penyampaian materi, sesi tanya jawab, closing statement dari para pemateri, penyerahan cenderamata, dan penutup.

Seminar ini dipandu oleh saudara Firman Puji Istanto selaku moderator dan diisi oleh empat narasumber luar biasa dengan tema yang sama.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Geofakta, M. selaku spesialis komunikasi. Beliau memaparkan data penggunaan dompet digital secara detail, asal usul munculnya dompet digital, karakteristik transaksi digital, serta dampak positif dan negatif yang akan dirasakan para pengguna.

Materi kedua disampaikan oleh Dyna Wuni sebagai pegiat sosial media.

Di dalam pemaparan materinnya, beliau berbagi banyak pengalaman beliau sebagai pengguna dompet digital, misalnya keuntungan yang bisa diraih sampai penipuan yang dialami. Beliau menekankan bahwa kita harus cerdas dan lebih teliti lagi dalam bertransaksi digital.

Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Ir. A. Rizki Sadig selaku Anggota Komisi DPR RI.

Dalam pemaparan materinya, beliau menyampaikan secara singkat berkaitan dengan fenomena yang harus dihadapi dan dihindari dalam aktifitas transaksi digital agar para pengguna tidak lagi dimanfaatkan dengan adanya teknologi ini, tapi malah mampu menjadi pribadi yang memanfaatkannya dengan maksimal.