Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), belakangan ini sering menunjukan kebersamaan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Setelah disorot akrab dalam momen panen raya, Jokowi dan Ganjar juga terlihat mesra dalam kunjungan kerja ke sejumlah pasar tradisional di Jateng, dalam beberapa hari terakhir. 

Kabarnya Ganjar selalu satu mobil dengan Presiden Jokowi. Keduanya juga tertangkap kamera melakukan salat tarawih bersama. Apakah kemesraan ini merupakan sinyal Ganjar bakal menjadi penerus Jokowi? 

Menanggapi hal itu, politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno meminta agar kebersamaan keduanya tidak dipolitisir. Sebab menurutnya, sebagai presiden, Jokowi tentu sering bertemu dengan pejabat lain apalagi saat berkunjung ke daerah. 

"Jangan sebentar-sebentar ditafsir berlebihan, ini biasa saja. Kerjaan presiden ya memang sering ketemu orang," ujar Hendrawan saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 11 April. 

Anggota DPR ini menilai, tidak ada yang istimewa dari pertemuan Jokowi dan Ganjar, termasuk mengenai aktivitasnya. Terlebih sebagai tokoh politik, keduanya memang harus bersilaturahmi. 

"Kerjaan dosen sering ceramah dan bimbingan, kerjaan orang politik silaturahim. Kalau enggak, mereka akan kesepian," kata Hendrawan. 

Karena itu, Hendrawan menilai wajar jika Ganjar menemani Jokowi saat berkunjung ke Jawa Tengah sebagai kapasitasnya sebagai seorang gubernur.  

"Jelang Hari Raya, banyak kegiatan. Di masa lalu bukber bahkan seperti kurikulum wajib, seperti ada lomba pengadaan bukber. Sekarang mulai diperjarang. Pada dasarnya budaya kita budaya bertutur, budaya ngobrol, budaya kongkow-kongkow," kata Hendrawan. 

Sementara, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin menganggap kebersamaan Presiden Jokowi dan Ganjar Pranowo adalah hal biasa. Sebab, Ganjar adalah pemimpin daerah yang dikunjungi presiden.

"Karena di Jawa Tengah, jadi bersama-sama, karena Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar," kata Bey kepada wartawan, Senin, 10 April. 

Menurut Bey, kebersamaan Presiden Jokowi dan Ganjar tidak hanya terjadi dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya, setiap kali kunjungan kerja ke Jawa Tengah, Ganjar selalu mendampingi Presiden Jokowi.