Jubir Bantah Menko Luhut <i>Back Up</i> Sekda Riau SF Hariyanto yang Diperiksa KPK Buntut <i>Flexing</i>
Sekda Riau SF Hariyanto saat klarifikasi kehidupan mewah istrinya. (ANTARA-HO-Dokumentasi pribadi)

Bagikan:

RIAU - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto menjadi sorotan buntut dugaan pamer alias flexing gaya hidup mewah.

Buntutnya hari ini, Hariyanto dipanggil KPK untuk klarifikasi laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) miliknya.

Terkait hal itu, Jodi Mahardi, Juru Bicara (Jubir) Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membantah Luhut membackup Hariyanto.

"Tidak pernah ada back up. Setahu saya, Pak Luhut juga tidak pernah ketemu dengan Sekda Riau," katanya dihubungi di Jakarta, Kamis 6 April, disitat Antara.

Hal itu disampaikan Jodi ketika diminta tanggapan terkait persoalan Hariyanto yang saat ini sedang diperiksa KPK

"Jangan semua di negara ini dikaitkan dengan Pak Luhut. Jangan ikut-ikut buat tuduhan fiktif, semacam tambang papua yang difitnah sejumlah aktivis," ujar Jodi.

Di tempat terpisah, mahasiswa yang menamakan diri Gerakan Pemuda Mahasiswa Riau Peduli Keadilan menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Mereka menuntut lembaga antirasuah tersebut mengusut harta kekayaan Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto.

"Setelah apa yang dilakukan Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto tentang flexing hidup mewah keluarganya maka kami perlu sampaikan agar KPK RI memanggil SF Hariyanto dan memeriksa harta kekayaannya," kata koordinator aksi Fatur di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis 6 April.

Massa pengunjuk rasa juga menuntut KPK membentuk tim khusus untuk melakukan pemeriksaan kepada Hariyanto dan menyebut pamer kekayaan yang dilakukan keluarga Hariyanto telah melukai hati masyarakat.

Untuk diketahui, Sekda Riau S.F. Hariyanto hari ini memenuhi panggilan KPK untuk memberikan klarifikasi soal LHKPN miliknya.

Hariyanto tiba di Gedung Merah Putih KPK pukul 8.35 WIB, namun tidak banyak berkomentar soal kedatangannya dan memilih untuk langsung masuk ke Lobi Gedung Merah Putih KPK. Dia kemudian masuk ruang klarifikasi sekitar pukul 9.08 WIB.

Sekda Provinsi Riau SF Hariyanto menjadi sorotan warganet setelah mencuatnya video perayaan ulang tahun mewah putrinya di salah satu hotel mewah.

Video mewahnya pesta ulang tahun ke-17 putri Sekda Riau itu diunggah oleh akun Twitter @PartaiSocmed.

Istri RF Hariyanto juga menjadi sorotan warganet soal koleksi tas mewahnya dan foto liburannya ke luar negeri.

Hal tersebut mendorong KPK untuk melayangkan undangan klarifikasi LHKPN terhadap yang bersangkutan.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menyatakan telah memerintahkan Inspektorat Jenderal Kemendagri untuk mengklarifikasi kasus Hariyanto.