Meminimalisir Tindak Kejahatan, Pemkab Bangka Barat Tambah Ratusan Lampu Penerangan Jalan
Ilustrasi. (Pexels)

Bagikan:

BABEL - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun ini akan menambah 112 unit lampu penerangan yang dipasang di jalan umum untuk menunjang aktivitas masyarakat di malam hari.

"Penambahan unit lampu penerangan jalan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mendukung aktivitas masyarakat di malam hari, sekaligus meminimalkan kemungkinan terjadinya kejahatan," kata Kepala Bidang Perhubungan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat Juswardi di Mentok, Jumat.

Menurut dia, rencana penambahan sebanyak 112 unit lampu PJU tersebut telah disiapkan anggarannya melalui APBD Kabupaten 2023.

Untuk saat ini, lampu PJU yang telah dipasang Pemkab bangka Barat sebanyak 608 unit yang tersebar di seluruh kecamatan, sehingga dengan adanya tambahan 112 unit maka total menjadi 720 lampu.

"Jumlah ini akan terus bertambah karena kita berupaya  setiap tahun ada anggaran untuk program tersebut," katanya dikutip dari ANTARA, Jumat, 7 April.

Ia menjelaskan, rencana penambahan lampu PJU pada tahun ini merupakan tindak lanjut dari hasil survei yang dilakukan Dinas Perkimhub bersama tim Anggota DPRD kabupaten setempat.

"Penambahan lampu jalan ini dilakukan sesuai dengan kegiatan reses anggota DPRD di Kecamatan Tempilang, Mentok, Jebus dan Parittiga. Lampu itu akan dipasang di tikungan jalan, persimpangan, dan lokasi yang dianggap rawan," katanya.

Sementara itu untuk jalan nasional, kata dia, pada tahun ini juga akan ada penambahan sebanyak 30 unit yang akan dipasang di ruas jalan dari arah Kota Mentok menuju Pelabuhan Tanjungkalian.

"Lampu PJU jalan nasional ini bantuan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), sedangkan di jalan provinsi belum ada kabar kemungkinan adanya penambahan lampu jalan," terangnya.