Bagikan:

JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggalakan program Bekasi Terang dengan memasang lampu penerangan jalan untuk menunjang mobilitas masyarakat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan, tahap awal program sebanyak 120 paket pengerjaan pemasangan lampu penerangan jalan digarap pihaknya hingga penghujung tahun 2023.

"Dengan adanya program ini saya berharap meskipun belum maksimal tetapi minimal di kampung-kampung itu sekarang jalanan sudah terang. Karena dulu kita fokus di jalan-jalan kabupaten. Saat ini kewenangan sudah dipisah, jadi bisa lebih fokus ke jalan-jalan lingkungan pemukiman," katanya di Cikarang, Jabar, Selasa 29 Agustus, disitat Antara.

Dia menjelaskan, program ini dijalankan Disperkimtan usai pemisahan tanggung jawab antara penerangan jalan umum dengan jalan lingkungan yang sebelumnya ada pada Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi.

Dia menambahkan, ketersediaan penuh sarana penerangan jalan lingkungan penting untuk mendukung mobilitas masyarakat khususnya dalam pergerakan perekonomian sekaligus mengurangi risiko kecelakaan dan kejahatan di malam hari.

"Targetnya semua jalan lingkungan yang belum mempunyai sarana penerangan jalan lingkungan, pelan-pelan kita sisir dan pelan-pelan kita pasang penerangan," tandasnya.