Bakal Terbitkan Larangan ASN DKI <i>Flexing</i>, Pj Gubernur DKI Tegaskan Gaya Hidup Sederhana
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono/DOK FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut saat ini pihaknya tengah memproses penyusunan aturan yang melarang ASN dan keluarganya berperilaku hedon.

Bentuk aturan yang membatasi ASN memamerkan harta alias flexing tersebut berupa instruksi gubernur (ingub).

"Ingub sedang dibahas dengan Pak Sekda. Sekarang prioritasnya urusan Lebaran," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 5 April.

Heru belum menjelaskan lebih lanjut perihal isi ingub yang akan diterbitkan. Yang jelas, Heru akan meminta seluruh ASN DKI untuk berperilaku hidup sederhana.

"Tentunya (diminta) hidup sederhana, semuanya harus punya tatanan etik yang harus diutamakan, harus bekerja. Kalau melanggar (aturan), ya pasti ada sanksi," jelas Heru.

Rencana penerbitan ingub ini merupakan cara Heru mengadapi fenomena flexing keluarga pejabat Pemprov DKI, salah satunya adalah Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Massdes Auroffy,

Belum lama, warganet membongkar perilaku istri dan anak Massdes yang kerap mengunggah foto penampilan beserta aksesori yang mereka kenakan. Berbagai merek tas ternama yang dipamerkan mulai dari Hermès, Gucci, Louis Vuitton, Balenciaga, hingga Dior.

Saat ditelusuri, harga tas yang dipamerkan keluarga Masdes bervariasi, mulai dari belasan dan puluhan juta rupiah. Bahkan, terdapat satu tas merek Hermès yang dipamerkan istri Masdes, jika asli, harganya mencapai Rp1,5 miliar.

Kemudian, muncul lagi gaya hedon pejabat Pemprov DKI yang dibeberkan warganet, yakni Kasie Peningkatan Kualitas Perumahan dan Kawasan Permukiman Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Sudin PRKP) Jakarta Utara.

Dalam media sosial Twitter, warganet menyorotigaya hedon dan keluarga. Warganet membeberkan, gaya flexing keluarga Selvy diungkap oleh sang anak.

Anak Selvy, lewat media sosial pribadinya, menyebut ibunya menghabiskan Rp27 juta untuk menginap di salah satu hotel mewah saat malam tahun baru. Anaknya juga mengunggah foto satu unit mobil Mazda 3 yang baru dibeli tanpa sengaja.

Beredar juga foto Selvy yang mengenakan aksesori tas dan sepatu bermerek Gucci hingga puluhan juta rupiah, serta foto Selvy usai belanja di luar negeri.