Bagikan:

YOGYAKARTA - Irjen Karyoto, Deputi Penindakan Pemberantasan Korupsi atau KPK, diangkat menjadi Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Metro Jaya. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Karyoto untuk menggantikan Irjen Fadil Imran yang dimutasi sebagai Kabarkam Polri. Seperti apa profil Irjen Karyoto dan sepak terjangnya. 

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi Irjen Fadil Imran menggantikan posisi Komjen Arief Sulistyo yang pensiun. Penunjukkan Irjen Karyoto unuk memegang jabatan Kapolda Metro Jaya tertuang dalam Surat Telegram Kapolri  nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. 

Sebelumnya Irjen Karyoto menduduki jabatan sebagai Deputi Penindakan KPK sejak April 2020. Irjen Karyoto sendiri juga sudah berpengalaman dalam lingkup Polri dan kepolisian daerah. Seperti apa profil Irjen Karyoto?

Profil Irjen Karyoto

Irjen Karyoto lahir di Pemalang, Jawa Tengah, pada 10 Oktober 1968. Pria yang saat ini berusia 54 tahun ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1990. 

Irjen Karyoto sudah berpengalaman di bidang reserse. Sepanjang perjalanan kariernya, Karyoto pernah mengemban jabatan-jabatan penting di kepolisian dan menangani kasus-kasus besar. 

Perjalanan Karier Irjen Karyoto

Irjen Karyoto telah malang melintang bekerja di bidang reserse. Tercatat Irjen Karyoto pernah ditunjuk sebagai Pamen Bareskrim Polri, Kapolres Ketapang pada tahun 2008. Pada tahun 2009, dirinya mengeman jabatan Kasubbid Infodata Kominter Set NCB Interpol.

Irjen Karyoto juga pernah mengemban tugas sebagai Penyidik Utama Tk. II Dit III/Kor Dan WCC Bareskrim Polri pada tahun 2010. Ia juga pernah menjabat sebagai Kasubdit III Dittipidkor Bareskrim Polri tahun 2011. Pada tahun 2012, dirinya ditunjuk menjadi Kapolresta Barelang. 

Pada tahun 2014, Irjen Karyoto menjabat sebagai Ditreskrimum Polda DIY. Kemudian ia mengemban tugas sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pideksus Bareskrim Polri pada tahun 2015. Dirinya menjabat sebagai Direktur Analis Pemutus Jaringan Internasional BNN pada tahun 2016. 

Dua tahun kemudian, Irjen Karyoto ditunjuk untuk menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Pidkor Bareskrim Polri (2018). Pada tahun yang sama, Irjen Karyoto juga ditugaskan menjadi Wakapolda Sulawesi Utara. 

Irjen Karyoto kemudian menjabat sebagai Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk periode 2019-2020. Pada 14 April 2020, Irjen Karyoto mulai menduduki jabatan sebagai Deputi Penindakan KPK. Penugasan Karyoto di KPK termuat dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1178/IV/KEP./2020 tertanggal 13 April 2020 yang ditandatangani oleh Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo selaku Kepala Biro Pembinaan Karier Mabes Polri.

“Diberitahukan kepada jenderal bahwa anggota Polri di bawah ini telah dinyatakan lulus dan dapat bergabung menjadi pegawai negeri yang dipekerjakan di KPK. Brigjen Pol Karyoto, Wakapolda DIY sebagai calon Deputi Penindakan KPK," isi surat telegram tersebut penunjukkan Irjen Karyoto sebagai Deputi Penindakan KPK pada Selasa, 14 April 2020.

Kasus Besar yang Pernah Ditangani Irjen Karyoto

Selama Irjen Karyoto menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK, lembaga antirasuah ini menangani sejumlah kasus besar. Salah satunya adalah kasus korupsi terkait izin ekspor benih lobster yang menyeret nama Edhy Prabowo mantan Menteri Kelautan dan Perikanan. 

Irjen Karyoto juga turut menangani kasus suap Juliari Batubara yang waktu itu menjabat sebagai Menteri Sosial. Irjen Karyoto juga terlibat dalam penanganan kasus dugaan suap dan gratifikasi Lukas Enembe Gubernur Papua nonaktif. 

Bersama KPK, Irjen Karyoto juga menangani kasus dugaan suap mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming. KPK juga melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E. 

Demikianlah profil Irjen Karyoto dan sepak terjangnya di dunia kepolisian. Dengan ditunjuk sebagai Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto menjadi pejabat KPK yang ‘pulang kampung’ ke institusi asal atau bertugas lagi di Polri.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.