Dikejar Satpol PP, Juru Parkir Liar di Pulogadung Kabur, Pengamen dan Pengemis Ditangkap dan Dikirim ke Panti Sosial
Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Setelah melakukan penertiban di sejumlah wilayah di Pulogadung, Satpol PP Jakarta Timur kembali menggelar aksi yang sama di Kawasan Cakung. Razia Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dilakukan agar masyarakat merasakan aman dan nyaman di tengah menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Razia yang dilakukan hari ini, Rabu siang, 29 Maret, petugas menjaring delapan PPKS di Kecamatan Pulogadung.

"Tadi kita melakukan penyisiran di Jalan Pemuda, Jalan Kayu Putih, Balai Pustaka dan Jalan Ahmad Yani. Sebanyak delapan orang terjaring razia PPKS di wilayah Pulogadung," kata Kasatpol PP Kecamatan Pulogadung Andik Setiyono, Antara, Rabu, 29 Maret.

Kata Andik, delapan orang yang terjaring itu langsung dibawa ke Panti Sosial di Cipayung untuk mendapatkan pembinaan. Sebelum dibawa, mereka didata oleh petugas Satpol PP.

Saat razia, sejumlah juru parkir liar yang biasa beroperasi di jalan tersebut melarikan diri ketika petugas Satpol PP berusaha menangkapnya.

Petugas Satpol PP sempat mendapatkan perlawanan dari juru parkir liar yang enggan diangkut ke dalam mobil. Salah satu pemuda berusaha melarikan diri dari kejaran petugas hingga akhirnya tertangkap.

Menurut dia, tidak hanya juru parkir liar yang ditangkap, namun pengamen dan pengumpul barang bekas juga ditangkap petugas.

Sebelumnya, Selasa malam, 28 Maret, Satpol PP Jakarta Timur dibantu oleh TNI dan Polri juga menyita puluhan botol minuman keras (miras) di Jalan Raya Bogor, Pasar Rebo dan Kramat Jati.

"Kami melakukan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di sejumlah titik di Pasar Rebo dan Kramat Jati. Kami menyita 72 botol miras dari sejumlah toko," kata petugas Satpol PP M Syarif di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Operasi Pekat itu dilaksanakan berdasarkan Perda DKI Jakarta No 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum dan Pergub 187 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Peredaran Minuman Beralkohol.

Tak hanya menyita puluhan botol berisi miras, petugas juga menjaring tujuh PPKS di Jalan Gongseng, Pasar Rebo.