Bagikan:

JAMBI - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi kembali memberhentikan aktivitas angkutan batu bara yang melintas di jalan nasional Provinsi Jambi.

Direktur Ditlantas Polda Jambi Kombes Dhafi mengatakan aktivitas angkutan batu bara di jalan nasional Provinsi Jambi ini distop Ditlantas Polda Jambi mulai Minggu sore (26/3).

"Ditlantas Polda Jambi kembali stop aktivitas angkutan batu bara di jalan nasional Provinsi Jambi karena masih ada kerusakan jalan," kata dia dilansir ANTARA, Senin, 27 Maret.

Adapun jalan nasional Provinsi Jambi yang rusak akibat angkutan batu bara di ruas jalan wilayah seputaran Tembesi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi dan juga arah ke Koto Boyo, Batanghari termasuk di depan pasar PU Tembesi, Kabupaten Batanghari.

Aktivitas angkutan batu bara yang distop ini juga termasuk bagi angkutan dari Kabupaten Sarolangun dan Tebo yang masih tergantung atau berada di jalan.

Nantinya, jajaran Ditlantas Polda Jambi melakukan penyekatan dan penutupan pada pintu tambang agar angkutan batu bara tidak bisa keluar.

Dhafi juga telah memerintahkan seluruh jajarannya di lapangan, agar memastikan tidak ada aktivitas angkutan batu bara menuju Kabupaten Batanghari.

Kemudian, personel Ditlantas Polda Jambi di lapangan juga dikerahkan untuk mengantisipasi terjadi penumpukan angkutan batu bara yang terparkir di bahu jalan.

Personel nantinya memberikan himbauan dan penjelasan yang tepat kepada sopir angkutan batu bara agar tidak memaksa untuk bergerak atau melanjutkan perjalanan ke wilayah Batanghari.

Dhafi mengatakan, penyetopan ini akibat kemacetan panjang di kawasan tersebut karena lalu lintas angkutan batu bara. Sehingga, arus lalu lintas bergerak lambat, hal ini terjadi karena kerusakan jalan.

"Belum lagi adanya penambahan kendaraan pribadi di jalan nasional tersebut akan terjadi kemacetan panjang dan dimungkinkan stagnan," kata dia.

Pihaknya masih menghentikan lalu lintas angkutan batu bara sampai jalan nasional tersebut diperbaiki.

Penyetopan angkutan batu bara ini, kata dia berlangsung sampai dengan waktu yang tidak ditentukan atau selesai diperbaiki.