<i>Positive Thinking</i> Tanggapi Kehadiran Airlangga di Bukber NasDem, PAN Yakin Golkar Tak Tinggalkan KIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) tetap berpikir positif menanggapi kehadiran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada acara buka puasa bersama (bukber) di NasDem Tower, Sabtu, 25 Maret 2023.

PAN meyakini, hadirnya Airlangga di acara tersebut bukan sebuah sinyal Golkar akan meninggal Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, Airlangga hadir karena memenuhi undangan dari Ketua Umum NasDem, Surya Paloh yang dulu juga merupakan kader Golkar.

Apalagi dalam acara tersebut juga hadir Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla (JK). 

"Jadi selain bukber, juga acara pelepas rindu, karena Pak Surya Paloh dulu kan kader Golkar," ujar Viva, Senin, 27 Maret. 

Viva yakin, Golkar tetap berkomitmen berada di KIB bersama PAN dan PPP. Koalisi, kata dia, sudah menyusun platform hanya tinggal mengumumkan capres dan cawapres 2024. 

"Kalau Golkar meninggalkan KIB, rasanya tidak mungkin. Karena antara Golkar, PAN, dan PPP telah terikat janji suci di KIB," tegas Viva. 

"Ada ikatan cinta segitiga yang tidak lepas oleh topan dan badai," tambahnya. 

Diketahui sebelumnya, Ketum Golkar Airlangga Hartarto menghadiri undangan Bukber di NasDem Tower, Sabtu, 25 Maret. Airlangga mengaku seperti bernostalgia saat menghadiri undangan tersebut.

"Banyak hal yang kita bicarakan, tadi juga hadir Pak Yusuf wakil presiden ke-10 dan ke-12 yang juga Ketua Umum Partai Golkar dan pada waktu itu dewannya adalah Pak Surya Paloh, jadi kita mengingat masa-masa indah dan kita tentu ke depan berharap hubungan Partai Nasdem dan Partai Golkar selalu terjalin," ungkap Airlangga. 

Airlangga berharap, hubungan antar NasDem dan Golkar yang sudah tak bersekat bisa terus terjalin pasca acara tersebut.

"Ini salah satu bentuk keterbukaan dan juga kehangatan Pak Surya dengan Ketua Umum Partai Golkar dan antara kami tidak merasa ada sekat walaupun partainya sudah berbeda tetapi persahabatan terus berjalan," katanya.