Jasa Marga Targetkan Tol Cengkareng-Kunciran Beroperasi Tahun Ini
Ilustrasi pembangunan jalan tol. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengebut proyek jalan tol Cengkareng-Kunciran yang merupakan bagian dari JORR II. Tol sepanjang 14,19 kilometer (km) tersebut ditargetkan beroperasi pada tahun ini.

“Ditargetkan akan beroperasi pada pertengahan 2020 mendatang,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit melalui keterangan tertulis yang dikutip Senin 10 Februari.

Saat ini, kata Danang, proses pembangunan ruas tol Cengkareng-Kunciran sudah mencapai 74,61 persen. Proses pembebasan lahan juga terus dilakukan sehingga bisa tuntas pada akhir bulan ini.

Jalan bebas hambatan yang menjadi bagian dari Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) ini dikerjakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan dioperasikan oleh PT Jasamarga Kuncirang Cengkareng.

Biaya investasi diperkirakan mencapai Rp5 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

Tol ini terbagi menjadi 4 seksi yaitu Seksi I Kunciran-Tirtayasa sepanjang 2,04 km, Seksi II Tirtayasa-Benteng Betawi sepanjang 3,52 km, Seksi III Benteng Betawi-H.Sastranegara sepanjang 6,57 km, dan Seksi IV H. Sastranegara-SS Benda sepanjang 2,06 km.