Santai Tanggapi Keakraban Prabowo-Ganjar, PKB: Hal yang Normatif Lah
Presiden Jokowi,, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menhan Prabowo Subianto meninjau panen raya padi di Kebumen, Kamis 9 Maret 2023. (ANTARA-HO-Relawan Ganjar)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menanggapi santai momen keakraban Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menemani Presiden Joko Widodo meninjau panen raya di Kebumen, Jawa Tengah, kemarin.

PKB menilai, tidak ada yang istimewa dari potret kebersamaan Prabowo, Ganjar dan Jokowi. 

Menurut Ketua DPP PKB Daniel Johan, sebagai kepala daerah adalah hal yang lumrah jika Ganjar menemani Jokowi saat berkunjung ke Jawa Tengah. Pun dengan Prabowo yang merupakan menteri Jokowi. 

"Jadi ya hal yang normatif lah," ujar Daniel Johan saat dikonfirmasi, Jumat, 10 Maret. 

Soal Pilpres 2024, Daniel menuturkan, sejauh ini Prabowo yang juga ketua umum Gerindra itu selalu terbuka dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jika ada komunikasi dengan parpol atau tokoh lain. 

"Baik Cak Imin, pak Prabowo, baik PKB maupun Gerindra untuk terbuka dan menjalin komunikasi dengan pihak lain," katanya. 

Meskipun Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibentuk Gerindra dan PKB belum menentukan nama capres-cawapres, kata Daniel, kedua parpol masih solid. Terlebih, keduanya sudah meresmikan Sekretariat bersama (Sekber) untuk Pemilu 2024. 

"Artinya, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya semakin solid ya. Sekber juga terus melakukan pertemuan untuk mematangkan visi, program, tahapan-tahapan berikutnya," kata Daniel. 

"Tapi kita tidak menutup untuk terbuka dan berkomunikasi dengan koalisi lain dan partai lain," tambahnya.