20 RT di Jakbar Masih Terendam Banjir Hingga 90 Cm
Ilustrasi. Banjir menggenangi Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa 25 Februari 2020. (ANTARA-Galih Pradipta)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 20 RT di Jakarta Barat (Jakbar) terendam banjir per Kamis 2 Maret per 13.00 WIB. Ketinggian airnya mencapai 90 sentimeter alias cm.

Kondisi tersebut disebabkan oleh hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta sejak Rabu, 1 Maret hingga hari ini.

Selain itu, masih ada 3 ruas jalan yang tergenang di Jakarta Barat dengan ketinggian mencapai 30 sentimeter.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 5 RT dan 3 ruas jalan tergenang, saat ini menjadi 20 RT atau 0,066 persen dari 30.470 RT dan 3 ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksanan BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Kamis, 2 Maret.

Saat ini, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ujar Isnawa.

Berikut adalah data 20 RT yang terendam banjir di Jakarta Barat:

1. Kelurahan Tegal Alur

- Jumlah: 13 RT

- Ketinggian: 30 sampai 90 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi

2. Kelurahan Rawa Buaya

- Jumlah: 7 RT

- Ketinggian: 20 cm

- Penyebab: Curah hujan tinggi dan luapan Kali angke

Kemudian: adalah 3 ruas jalan yang tergenang di Jakbar:

1. Jalan Kamal Raya, Kel. Tegal Alur, Kec. Kalideres

Ketinggian air: 20 cm

2. Jalan Prepedan Raya RT 001 RW 013, Kel. Tegal Alur Kec. Kalideres

Ketinggian air: 30 cm

3. Jalan Menceng raya, depan SDN 02 Tegal Alur, Kel. Tegal Alur, Kec. Kalideres

Ketinggian air: 30 cm