WSBK 2023 di Sirkuit Mandalika, 2.367 Personel Pengamanan Diterjunkan
Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB. (World Superbike)

Bagikan:

NTB - Ajang balap World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal digelar 3-5 Maret 2023. Polda NTB bakal menerjunkan 2.367 personel gabungan untuk pengamanan.

Wakapolda NTB Brigjen Pol Ruslan Aspan menjelaskan, personel gabungan tersebut berasal dari unsur TNI, Polri, dan instansi pemerintahan.

"Jadi, dari total yang terlibat 2.367 orang ini, terdiri dari TNI, Polri, dan instansi pemerintahan dengan jumlah 2.200 personel. Sisanya 167 personel adalah BKO (bawah kendali operasi) dari Polda Bali, Jawa Timur, dan Mabes Polri," katanya usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan WSBK 2023 di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Selasa, 28 Februari, disitat Antara.

Dia mengatakan, jumlah personel aparat yang diperbantukan untuk pengamanan atau BKO saat WSBK 2023 ini berkurang dari gelaran sebelumnya.

"Namun, jumlah BKO yang lebih sedikit ini telah membuktikan bahwa NTB dianggap sudah mampu mengamankan kegiatan internasional sekelas WSBK," ujarnya.

Wakapolda menambahkan, tugas pengamanan WSBK berlangsung sejak 1 hingga 7 Maret 2023. Seluruh personel gabungan sudah menerima arahan perihal lokasi pengamanan.

Pola pengamanan di lapangan, lanjut Ruslan, juga masih tetap sama dengan pelaksanaan ajang WSBK dan MotoGP 2022, terutama berkaitan dengan gangguan keamanan pada saat pelaksanaan.

"Pada prinsipnya pengamanan sudah siap dan keselamatan rakyat menjadi hal yang utama," ucap dia.

Dalam amanat kepada personel yang bertugas, Ruslan mengingatkan bahwa gelaran ini bertaraf internasional sehingga NTB sebagai tuan rumah harus bisa menjamin keselamatan masyarakat dengan menciptakan situasi yang aman.

"Jangan sampai citra yang baik pada gelaran WSBK dan MotoGP sebelumnya menjadi tercoreng pada gelaran tahun 2023 ini," ujarnya.

Wakapolda juga meminta agar koordinasi lintas sektoral tetap kuat di lapangan. Kepada seluruh personel pengamanan, Ruslan juga meminta agar meniatkan tugas ini sebagai ladang ibadah.

"Tak lupa jaga kesehatan mental dan fisik. Tetap waspada dan antisipasi sedini mungkin potensi gangguan yang kiranya akan mengganggu pelaksanaan kegiatan. Tetapi, ingat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis," tandasnya.