Basarnas Kerahkan Personel BSG Dukung WSBK Mandalika
Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi (Foto: Dafi VOI)

Bagikan:

BADUNG - Sebanyak 180 personel Basarnas akan diterjunkan termasuk personel Basarnas Special Group (BSG) untuk mendukung perhelatan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ada 180 personel dari pusat, bahkan BSG kita turunkan untuk mendukung kegiatan itu. Ini event internasional, ini gengsi kita," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi usai memberikan pengarahan kepada Basarnas Bali di Jimbaran, Badung, Bali, Rabu, 17 November.

Selain personel, helikopter dan armada pendukung Basarnas juga dibawa untuk mendukung gelaran WSBK. Event ini disebut Henri menjadi momen penting bagi Indonesia yang kini memiliki sirkuit bertaraf internasional.

"Kita harus siap dan memberikan rasa aman, nyaman, para atlet atau pembalap dan timnya, itu yang harus kita tonjolkan. Kalau menurut saya itu dulu. Di samping itu juga memberikan rasa nyaman untuk pengunjung. Kalau ada SAR, kita hadir di situ dan mereka tahu Indonesia itu ada, pemerintah itu ada," imbuhnya.

Rencananya Kabasarnas akan mengunjungi Sirkuit Mandalika, Kamis, 18 November besok. Dari sini akan dipetakan soal sokongan dari Basarnas.

“SSehingga saya bisa langsung memberikan instruksi dan untuk tahun  kedepannya menjadikan evaluasi agar penyelenggaraan (balap) internasional benar-benar kita siap," ujarnya.