Rumah Bantaran Kali Ciliwung di Bidara Cina Roboh, Kerugian Capai Ratusan Juta
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

 JAKARTA - Rumah di bantaran Kali Ciliwung roboh. Rumah roboh berada di Jalan Puskesmas, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Detik-detik robohnya rumah di Bidara Cina, Senin, 27 Februari sore, terekam dalam video yang diabadikan warga sekitar. Tanah di bawah rumah tersebut perlahan tersapu aliran Kali Ciliwung yang cukup deras sehingga mengakibatkan longsor.

Permukaan tanah yang tidak rata akibat longsoran membuat dinding rumah retak. Akhirnya, bangunan hunian tersebut ambruk dan menimbulkan suara yang cukup keras.

"Peristiwa longsor di Kelurahan Bidara Cina diakibaykan arus sungai Ciliwung yang deras," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji saat dikonfirmasi, Selasa, 28 Februari.

Robohnya rumah tersebut menimbulkan kerugian mencapai Rp200 juta. Beruntung peristiwa ini tak menimbulkan korban. Para penghuninya juga sudah tidak lagi menempati rumah tersebut.

Sebab, pada enam bulan lalu, teras rumah tersebut telah lebih dulu mengalami longsor. Sehingga, pemilik rumah dan keluarganya meninggalkan bangunan tersebut.

Isnawa menuturkan, saat ini petugas telah berada di lokasi untuk melakukan penanganan. "Sudah dalam penanganan oleh pihak Walikota Jakarta Timur, Wakil Camat Jatinegara, Lurah Bidara Cina, Satpol PP, Dishub Kec. Jatinegara, Ketua RW 006 BIdara CIna, LMK RW 006 BIdara Cina dan anggota FKDM," ujar Isnawa.

"Tindak lanjutnya adalah pemilik untuk segera merelokasi rumahnya," lanjutnya.