Bagikan:

JAKARTA - Keberadaan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono telah ditemukan buntut insiden helikopter yang ditumpanginya mendarat darurat di Bukit Tamia Jambi, Muara Emat, Jambi. Untuk kondisinya disebut cukup sehat walapun mengalami luka pada bagian tangan.

"Ya tangan beliau mengalami luka," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Senin, 20 Februari.

Namun, tak dirinci seberapa parah luka yang dialami jenderal bintang dua tersebut.

Sejauh ini tim sedang melaksanakan proses evakuasi. Diharapkan, Kapolda Jambi beserta rombongan bisa dibawa ke rumah sakit hari ini. "Kondisi beliau stabil," sebutnya.

Rencananya, Irjen Rusdi Hartono akan dibawa ke rumah sakit terdekat. Namun, tak menutup kemungkinan bila akan dirujuk rumah sakit yang lebih besar.

"Memang butuh percepatan evakuasi untuk penanganan medis lebih lanjut. Jadi rumah sakit yang kita persiapkan juga rumah sakit Bhayangkara Polda Jambi," sebutnya.

"Pesawat juga kita siapkan apabila penanganan di rumah sakit tidak mampu nanti pesawat kita terbangkan ke Jakarta agar perawatan medis lebih efesien dan efektif serta maksimal penaganan korban," sambung Dedi.

Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan mengalami insiden mengerikan. Helikopter yang mereka tumpangi hilang kontak pada Minggu, 19 Februari.

Untuk kronologis kejadian Minggu 19 Februari 2023 pukul 09.25 WIB Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan Kerja, Peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres RI Dr. Drs. H. M. Jusuf Kalla di Kerinci.

Pada pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi mendapat laporan dari kru Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 diperkirakan jatuh di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” tepatnya Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, dengan alasan belum diketahui.