Pj Gubernur Banten Tekankan ASN Harus Punya Tujuan Pembangunan yang Sama
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Banten diminta untuk tetap membangun kesadaran nasional, sebagai langkah dalam meningkatkan semangat dan kedisiplinan untuk optimalkan kinerja.

"Ini merupakan momen dalam membangun kesadaran nasional terlebih lagi kesadaran pada diri sendiri yang menjadi pangkal kita tulus dalam bekerja. Sehingga kita tidak merasakan berat dalam bekerja dan kita bisa memberikan kontribusi yang terbaik,” kata Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar saat peringatan Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, di Kota Serang, Jumat 18 Februari.

Dengan menanamkan kesadaran pada diri sendiri, kata Al Muktabar, bisa memberikan semangat tersendiri bagi para ASN. Diharapkan mampu memberikan agregat nasional sebagai bentuk kinerja dalam pelaksanaan birokrasi berdampak bagi masyarakat Banten.

“Maka dari itu saya terus menggiatkan agar kita semua bisa memiliki target yang sama. Kesadaran yang sama dan tujuan pembangunan juga menuju ke arah yang sama,” jelas Al Muktabar dikutip Antara.

Tidak hanya mewujudkan masyarakat Banten yang maju dan sejahtera. Tetapi, semangat kesadaran nasional dan kolaborasi ini mampu menciptakan ekosistem yang baru bagi generasi bangsa yang akan terus melanjutkan pembangunan dan perkembangan daerah yang telah diperjuangkan.

“Karena sesungguhnya apa yang kita lakukan sekarang dengan menanamkan kesadaran nasional ini, secara langsung akan memberikan suatu tatanan yang baru atau ekosistem baru yang siapapun nanti putra putri kita bisa melanjutkan pemerintahan ini," kata Al Muktabar.

Selain itu, Al Muktabar juga menyampaikan kesadaran yang bisa ditanamkan pada diri sendiri bisa dijadikan kesadaran dalam rangka mengembangkan karir untuk mencapai tujuan - tujuan sebagai ASN yang memiliki kesadaran nasional tinggi dalam mencapai tujuan yang optimal.

Pada momen peringatan hari kesadaran nasional tersebut, Al Muktabar mengikuti kegiatan Gerakan Bersih-Bersih Sungai Cibanten yang diselenggarakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWS C3) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Serang dan Pemerintah Provinsi Banten.

Al Muktabar langsung terjun menelusuri dan membersihkan sampah-sampah yang berada di aliran Sungai Cibanten menggunakan perahu karet. Dia juga menjajal alat berat untuk membersihkan sampah-sampah dan mengeruk sedimentasi lumpur.

"Kita bersama-sama bersih-bersih sungai untuk mengantisipasi situasi yang musim penghujan, mudah-mudahan kalau kita bersihkan dengan baik bisa mencegah atau meminimalisir dampak-dampak yang mungkin terjadi akibat luapan Sungai Cibanten," kata Al Muktabar.