Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar anggota DPRD Jawa Timur (Jatim) Muhamad Reno Zulkarnaen dalam pemeriksaan hari ini. Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim itu dimintai keterangan sebagai saksi dugaan suap dana hibah yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak.

"Kalau saksi dari DPRD sejauh ini dikonfirmasi soal aturan dan pembahasan dana hibah," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis, 16 Februari.

Selain Reno, ada empat anggota DPRD Jatim yang diperiksa. Mereka adalah Ketua Fraksi PPP DPRD Jatim Achmad Sillahuddin; anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDIP yakni Agus Wicaksono dan Wara Sundari Renny Pramana; serta anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB Aliyadi.

Sementara, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan kasus dugaan suap dana hibah itu bakal diusut tuntas. Legislator yang diduga ikut serta menikmati uang panas itu akan disikat.

"KPK masih terus bekerja dan tolong berikan waktu penyidik untuk menyelesaikan permintaan keterangan kepada semua pihak. Nanti pada saatnya, KPK pasti menyampaikan hasilnya ke rekan media dan publik," tegas Firli.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua P. Simandjuntak telah ditetapkan sebagai tersangka. Selain itu, ada tiga tersangka lainnya yaitu staf ahli Sahat, Rusdi; Abdul Hamid yang merupakan Kepala Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Kabupaten Sampang yang juga Koordinator Kelompok Masyarakat; dan Ilham Wahyudi alias Eeng yang merupakan Koordinator Lapangan Pokmas.

Penetapan keempat tersangka dilakukan setelah mereka terjerat operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu, 14 Desember. Penindakan ini didasari informasi masyarakat yang tahu adanya penyerahan uang berkaitan dengan pengurusan alokasi dana hibah.

KPK menyebut Sahat diduga menawarkan bantuan untuk memperlancar pengusulan dana hibah yang dengan jumlah seluruhnya mencapai Rp7,8 triliun. Pemberian ini ditujukan untuk badan, lembaga, organisasi masyarakat yang ada di Pemprov Jawa Timur.

Sahat melakukan penerimaan sejak 2021 dan berlanjut hingga 2022 kemudian bersedia membantu untuk 2023 serta 2024. Uang yang diterima politikus Partai Golkar ini diduga mencapai Rp5 miliar.