Prakiraan Cuaca Bali: Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang
Sejumlah pekerja membersihkan sampah terdampar akibat cuaca ekstrem di Pantai Kedonganan, Badung, Bali, Kamis (9/2/2023). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/aa.

Bagikan:

DENPASAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan berintensitas sedang sampai hujan lebat, dan angin kencang berkecepatan 4–40 kilometer per jam di sebagian besar wilayah Bali hingga 17 Februari.

Dalam informasi prakiraan cuacanya, BMKG mengeluarkan peringatan dini yang meminta masyarakat mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat/petir.  

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho di Denpasar dilansir ANTARA, Rabu, 15 Februari.

BMKG memperkirakan dalam 3 hari ke depan angin secara umum bakal bertiup dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan berkisar 4–40 kilometer per jam.

Dalam informasi prakiraan cuaca yang sama, BMKG juga meminta masyarakat terutama nelayan, pelaku kegiatan usaha bahari, dan mereka yang beraktivitas di wilayah pesisir agar mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih terutama di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia di bagian selatan Bali.

“Prediksi cuaca 3 hari ke depan, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar 0,25–1,5 meter, di perairan selatan Bali pada 1–3,5 meter, di Selat Bali 1–3 meter, dan di Selat Lombok 1–3 meter,” kata Cahyo dalam siaran tertulisnya.

Untuk laporan cuaca di Bali, BMKG menyampaikan tinggi gelombang laut di perairan utara Bali 0,25–1,5 meter, di perairan selatan Bali pada 1,25–3,5 meter, di Selat Bali 0,75–3 meter, dan di Selat Lombok 0,75–3 meter.

Tidak hanya prakiraan cuaca secara umum, BMKG juga mengeluarkan perkiraan cuaca di beberapa tempat wisata seperti Nusa Dua, Kuta, Tanah Lot, Sanur, Ubud, Kintamani, Bedugul, dan Besakih pada 16–17 Februari.

BMKG memperkirakan hujan berintensitas sedang sampai dengan hujan lebat turun di tempat-tempat tersebut umumnya pada pagi hari. Hujan ringan diperkirakan lanjut turun di tempat-tempat wisata tersebut pada siang hari.

Sementara itu, BMKG juga memperkirakan tinggi gelombang laut di Nusa Dua pada 16–17 Februari berkisar antara 0,5–3 meter, di Kuta 0,5–2,5 meter, di Tanah Lot 0,5–2,5 meter, dan di Sanur 0,5–1,25 meter.