Pemkot Jambi Janji Tiap Sabtu Turun Gunung Layani Administrasi Warga di Daerah Pemekaran
Kantor Dinas Dukcapil Kota Jambi, Senin (13/2/2023). (ANTARA/Tuyani)

Bagikan:

JAMBI - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi jemput bola dalam pelayanan administrasi kependudukan warganya di enam kelurahan pemekaran. Langkah itu untuk mempercepat pendataan menjelang Pemilu 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi Nirwan mengatakan, kepengurusan perubahan administrasi kependudukan mulai berlangsung sejak sepekan lalu.

"Selain kami yang datang ke kelurahan masing-masing tapi banyak juga warga yang datang langsung ke pelayanan Dukcapil untuk perubahan administrasi kependudukan," kata dia di Jambi, Senin 13 Februari, disitat Antara.

Percepatan pendataan itu dilakukan Disdukcapil Kota Jambi aksi jemput bola mendatangi warga di kelurahan baru.

Seminggu satu kali, tim melakukan pendataan di kawasan pemekaran untuk memberikan pelayanan perubahan administrasi kependudukan.

"Tiap Sabtu kami turun langsung ke lokasi untuk pelayanan pendataan," tuturnya.

Ia menjelaskan saat akhir pekan tim dapat menyelesaikan perubahan data pada satu rukun tetangga di satu kelurahan.

Sementara itu, saat hari kerja dalam sehari setidaknya terdapat sekitar 50 orang warga yang mengurus perubahan kartu keluarga di kantor Dukcapil.

Adapun enam kelurahan baru tersebut yaitu Kelurahan Bakung Jaya,Kelurahan Pinang Merah, Kelurahan Simpang Rimbo, Kelurahan Kenali Asam, Kelurahan Talang Gulo, dan Kelurahan Aur Kenali.

Sementara itu Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengatakan proses pemekaran dan pendataan warga yang mutasi ini jangan sampai mengganggu tahapan pemilu.

Ia meminta Disdukcapil Kota Jambi agar cepat melakukan pendataan dan menyiapkan blangko e-KTP bagi warga yang mengalami proses pemekaran.

Dengan proses pendataan yang serba digital, Maulana meyakini proses pendataan akan cepat rampung.