Ganjar Pranowo Gandeng Pengusaha Muda Supaya Lebih Banyak Buka Lapangan Kerja
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengajak para pengusaha muda memanfaatkan peluang usaha sebagai bentuk kontribusi dan kolaborasi dari daerah dalam menopang ekonomi nasional.

Ajakan itu disampaikan Ganjar Pranowo setelah selesai membuka Diklatcab Akbar HIPMI Jateng di Gedung Prof Soedarto, Universitas Diponegoro, Semarang.

"Saya pesankan dunia sedang terjadi disrupsi, banyak sekali peluang baru maka kolaborasi menjadi penting. Maka harapan kami dalam rekrutmen dan pelatihan hari ini akan ada wacana bagaimana kondisi ekonomi makro dan bagaimana mengelola mikronya," kata Ganjar Pranowo, 11 Februari.

Peluang tersebut adalah seperti adanya kebijakan pemerintah dalam memudahkan para pengusaha.

Misalnya saat pemerintah memberikan dorongan penggunaan serta pembelian produk dalam negeri. Selain itu pemerintah juga memberikan KUR atau Kredit Usaha Rakyat dengan suku bunga tergolong rendah.

"Nah, ini kesempatan mereka. Contoh, ketika pemerintah mengeluarkan KUR yang plafonnya sampai Rp500juta. Rasa-rasanya suku bunganya akan turun jauh lebih rendah lagi, ini juga akan menjadi peluang mereka. Apa yang ditekankan presiden agar daerah pun menggunakan produk lokal, maka hiduplah mereka (pengusaha)," kata Ganjar.

Tentunya peluang yang telah diciptakan oleh pemerintah harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh penbgusaha muda.

Meski begitu masih diperlukan persiapan yang lebih baik agar bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

"Tinggal kesempatan ini yang musti mereka siapkan dengan baik, dan training-training semacam ini menjadi begitu penting," ungkapnya.

Hal lain yang perlu disiapkan oleh pengusaha adalah membentuk kolaborasi atau jejaring. Kerja sama dunia usaha termasuk dengan KADIN dan juga pemerintah akan memunculkan kohesi yang baik dalam perekonomian daerah dan nasional.

"Terus bekerja sama dengan dunia usaha, dengan KADIN, dengan pemerintah, sehingga kita akan bisa bangkit bersama. Pengusaha muda dari HIPMI ini akan bisa menjadi pionir baik di sektor maupun, di wilayah-wilayah di mana mereka berada," kata Ganjar.

Ganjar Pranowo juga menjelaskan terkait dengan iklim investasi yang ada di Jawa Tengah makin membaik.

Menurut Ganjar Pranowo, iklim yang baik tersebut mampu menarik banyak investasi serta memutar roda perekonomian yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Selama ini, Ganjar selalu menekankan bahwa iklim investasi yang baik di Jawa Tengah harus terus dijaga bersama antara pemerintah, pelaku usaha, dan buruh.

"Iklim investasi ini harus dijaga dengan baik. Meskipun banyak yang mencemooh Jawa Tengah karena UMP-nya rendah, tapi saya ingin memastikan bahwa pengusaha dan buruh sama-sama mendapatkan keuntungan. Buruh benar-benar dibayar dan industri tetap menggelinding," ujarnya Ganjar Pranowo.