Benarkah Tiket Penerbangan di Hari Jumat Tanggal 13 Lebih Murah?
Ilustrasi. (Pixabay/JoshuaWoroniecki)

Bagikan:

JAKARTA - Jumat tanggal 13 bisa menjadi waktu terbaik untuk bepergian jika Anda cukup berani, di mana Anda bisa memperoleh harga tiket penerbangan lebih murah.

Menurut mesin pencari perjalanan Kayak, ada penawaran lebih murah yang bisa didapat pada tanggal tersebut jika Anda tidak percaya pada nasib buruk.

Pada Hari Jumat 13 Januari lalu, harga tiket penerbangan ke Eropa sekitar 39 persen lebih murah dan penerbangan di Inggris sekitar 19 persen lebih murah.

Meskipun tanggal tersebut menjadi salah satu Hari Jumat yang paling banyak ditelusuri sepanjang tahun di Kayak, tanggal tersebut merupakan salah satu dengan harga paling terjangkau.

Misalnya, Jumat tanggal 13 Januari lalu, Anda dapat memesan penerbangan kembali dari Inggris ke Barcelona seharga 60 poundsterling, ke Venesia seharga 57 poundsterling dan Dublin seharga 49 poundsterling.

Kayak mengatakan, ini mungkin karena maskapai penerbangan dan penyedia perjalanan mengantisipasi bahwa kepercayaan takhayul akan mempengaruhi permintaan. Beberapa maskapai penerbangan, termasuk KLM, Ryanair dan Lufthansa bahkan melewatkan angka 13 saat menomori deretan kursi di pesawat.

penerbangan
Ilustrasi penumpang pesawat. (Wikimedia Commons/Gus Ruballo)

"Jika Anda tidak percaya takhayul, ada penghematan yang bisa dilakukan dengan bepergian pada Hari Jumat tanggal 13," kata Laure Bornet, Wakil Presiden EMEA di KAYAK, seperti melansir Euronews 12 Januari.

Selain Jumat 13 Januari, tahun ini masih ada lagi Hari Jumat dengan tanggal 13, yakni pada Oktober mendatang. Tim data Kayak mengatakan promo juga dapat ditemukan, menjadi salah satu hari termurah untuk memesan perjalanan tahun ini.

Tetapi ini tidak selalu terjadi dan Anda tidak dapat mengandalkan takhayul untuk mengurangi biaya penerbangan Anda. Kedua tanggal tersebut berada di luar high season untuk tahun 2023.

Sementara, Jumat juga merupakan salah satu hari paling populer untuk bepergian, sehingga harga biasanya lebih tinggi karena permintaan orang-orang yang bepergian untuk akhir pekan. Padahal, itu juga bisa menjadi yang termurah tergantung di mana Anda melihat.

Umumnya, penerbangan lebih murah di tengah minggu dan memeriksa harga pada tanggal saat Anda berencana bepergian adalah cara yang jauh lebih andal, untuk memastikan biaya perjalanan Anda lebih murah.

Meskipun ada takhayul seputar tanggal tersebut, kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami kecelakaan di udara.

Menurut analisis statistik yang dilakukan oleh Aviation Safety Network pada 2013, sebenarnya bisa lebih aman. Ditemukan bahwa jumlah rata-rata kecelakaan fatal pada Hari Jumat tanggal 13 adalah 0,067 per hari dibandingkan dengan 0,091 pada tanggal lainnya.