Mimpi Olivia Punya Laptop Terkabul Setelah Jawab Pertanyaan Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Olivia Marbun siswi SMAN 1 Percut Sei Tuan, Deli Serdang, senang doanya memiliki laptop terkabul setelah menjawab pertanyaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bagi gadis asal Medan Tembung ini, laptop itu memacu semangatnya untuk berkuliah pada Jurusan Hubungan Internsional Undip.

Siang itu, Olivia dan teman-teman sekolahnya ditugaskan untuk turut menghadiri perayaan Hari Pers Nasional (HPN), di Gedung Serbaguna Atsaka. Sedianya, ia hendak bergegas pulang setelah acara tersebut.

Namun, seusai acara ia dan rombongannya menyempatkan diri melihat Ganjar Pranowo yang juga Ketua Umum Persada.id sedang berdialog, di stand Kabupaten Deli Serdang. Saat dialog itulah, Ganjar meminta relawan dari generasi muda untuk maju dan ikut berbincang mengenai pers di mata Generasi Z.

Tanpa pikir panjang, Olivia pun mengangkat tangan tinggi dan merangsek maju di antara kerumunan.

Berbincang dengan orang nomor satu di Jateng, Olivia awalnya nampak canggung. Namun setelahnya, ia lantang menjawab pertanyaan Ganjar seputar pers di era disrupsi informasi.

“Suka baca media online, karena kalau cetak lebih mahal. Kalau cetak harus jauh ke toko dulu. Kalau online kan gratis mudah dan cepat,” saat ditanya bagaimana ia mengonsumsi informasi media oleh Ganjar.

Selain itu, ia berharap agar media saat ini bisa memberikan berita faktual dan berguna bagi warga. Atas keberanian tersebut, Ganjar menawarkan tiga pilihan hadiah kepada Olivia.

“Mau buku, buku atau sepeda? Sepeda atau laptop,” ujar Ganjar, Jumat 10 Februari.

Sempat bimbang, dan berganti pilihan hadiah Olivia akhirnya mantap dengan pilihan laptop.

“Ini nanti laptopnya buat lanjut kuliah ke Undip. Maunya sih di Hubungan Internasional,” harapnya.

Setelah mendapatkan laptop, Olivia lantas pulang ke rumahnya. Sengaja, ia tak memberitahukan orang tua dan keluarganya, terkait hadiah tersebut.

Di rumahnya yang sederhana, hanya ada Bou (tante). Sementara, ayahnya yang bekerja sebagai sopir bentor (bebek bermotor) belum pulang, begitu pula ibunya yang sedang menemui sanak di luar rumah.

Bou Padang, panggilan sang tante mengatakan sudah beberapa hari keponakannya itu meminta laptop kepada ibunya. Sebab, Olivia telah mendapatkan jalur undangan dari sekolah untuk dapat meneruskan kuliah.

“Diberkahi Tuhan, Tuhan mendengar. Tiga hari lalu dia ada jalur undangan, kan perlu laptop. Mudah-mudahan jadi,” pungkas Bou Padang.