Wali Kota Bogor Jodohkan Ganjar Pranowo dengan Ridwan Kamil, PAN: KIB Masih Memonitor
Ganjar Praaowo dan Ridwan Kamil dijodohkan sebagai Capres dan Cawapres dalam Pilpres 2024 oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya. (Instagram/@ridwankamil)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Bogor Bima Arya, menjodohkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk maju berpasangan pada Pilpres 2024. 

Menanggapi pernyataan kadernya itu, PAN menilai usulan Bima Arya merupakan harapan Jawa Barat untuk mencalonkan gubernurnya maju di kontestasi Pilpres. 

"Pendapat Mas Bima Arya adalah cerminan dari harapan masyarakat Jawa Barat yang menginginkan Kang Emil running for President Election," ujar politikus PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Minggu 30 Oktober. 

Viva pun menilai, kelompok masyarakat yang lain tentu memiliki aspirasi politik yang beragam dan bervariasi.

"Itulah indahnya kehidupan berdemokrasi. Masyarakat bebas menyatakan pendapat dan pemikiran baik lisan atau tulisan karena dijamin konstitusi," kata Viva.

Diketahui, Ridwan Kamil dan Ganjar ada dua dari 9 nama yang telah ditetapkan sebagai bacapres Pemilu 2024 dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN 2022.

Meski demikian, sebagai bagian dari anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), kata Viva, PAN akan mengusulkan nama-nama yang telah ditetapkan untuk dibahas bersama dengan Golkar dan PPP. Terlebih, pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden masih September 2023. 

"PAN dan KIB masih memonitor perkembangan dinamika politik nasional. Dan KIB masih fokus membantu pemerintahan Presiden Jokowi untuk dapat meningkatkan kinerjanya sampai tuntas," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya melontarkan pernyataan mengejutkan dalam event Y20 di Pura Mangkunegaran, Jumat, 28 Oktober, malam. Acara tersebut dihadiri oleh tiga kepala daerah, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Tanpa diduga, Bima Arya menanyakan apakah Ganjar Pranowo mau bersanding dengan Ridwan Kamil di Pilpres 2024 mendatang. Pertanyaan itu sontak disambut dengan teriakan dan sorakan riuh seluruh peserta Y20.

"Mas Ganjar dan Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) ini beda tapi saling melengkapi. Iya enggak?," kata Bima Arya.

"Dan, apakah Mas Gibran siap mendukung Pak Ganjar dan Kang Emil maju dalam bursa capres dan cawapres?," lanjutnya.

Baik Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Gibran hanya tersenyum mendengar pertanyaan tersebut. Bahkan Gibran dan Ganjar kompak no comment merespon pertanyaan panas itu.

"Urusan itu sudah ada takdirnya," jawab Ridwan Kamil singkat.