Petakan Provinsi Berpotensi Karhutla, Jokowi: Riau, Sumut dan Kalimantan Hati-hati
Ilustrasi pemadaman karhutla memakai helikopter atau water bombing. (Antara-Nova W)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memetakan sejumlah provinsi di Indonesia yang berpotensi tinggi mengalami kajadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala negara mewanti-wanti Provinsi Riau, Sumatera Utara (Sumut) dan Kalimantan mengantisipasi potensi tersebut mengingat musim kemarau diperkirakan akan mulai masuk pada akhir Februari.

"Tadi saya memberikan warning untuk Provinsi-Provinsi Riau, Sumut, Kalimantan hati-hati karena nanti di akhir Februari atau Maret panasnya sudah naik," kata Jokowi dalam rapat piminan (rapim) TNI-Polri tahun anggaran 2023 di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Rabu 8 Februari.

Adapun Presiden Jokowi tiba di lokasi Rapim TNI-Polri 2023 pada Rabu 8 Februari pagi. Mengenakan batik bernuansa hitam dan cokelat, kepala negara didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Jokowi hadir dalam Rapim TNI-Polri untuk memberikan pembekalan dan pengarahan. Rapim itu akan membahas berbagai hal terkait tugas pokok dan fungsi terkait kedua lembaga keamanan tersebut, salah satunya tentang pengamanan Pemilu 2024.

Selain pengamanan Pemilu, juga dibahas terkait dukungan Polri terhadap agenda strategis nasional tahun 2023.