Pasien ODGJ di Balangan Kalsel Bisa Dapat Perawatan Medis di Rumah, Caranya Kontak Puskesmas Terdekat
Ilustrasi. Pengecekan kesehatan skrining COVID-19 penumpang di bandara. (ANTARA-dok Humas Angkasa Pura)

Bagikan:

KALSEL - Keluarga penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), bisa mendapat pelayanan perawatan medis ke rumah atau homecare.

Hal itu diinformasikan Kepala Puskesmas Paringin dr Aulia Asmi Setiawaty yang mengungkapkan pihaknya terbuka terhadap panggilan medis untuk perawatan berkala pasien ODGJ di rumah.

"Kami selalu siap saat dipanggil ke rumah warga dan melayani berbagai keluhan, dan seperti ODGJ yang mengamuk, meskipun itu bukan pasien homecare tapi kami juga datang melayani," katanya di Paringin, Kalsel, Selasa 7 Februari, disitat Antara.

Ia menyebutkan, program homecare pelayanan kesehatan direspons baik oleh masyarakat.

"Kami selalu rutin mengunjungi dan memantau perkembangan pasien homecare, bahkan kami juga memberikan edukasi serta pemahaman tentang kesehatan," ujar Aulia.

Aulia mengungkapkan, melalui program homecare tingkat kesembuhan pasien kronis lumayan tinggi karena pasien bisa terkontrol perkembangannya.

Diketahui, program homecare ini merupakan salah satu program unggulan Pemkab Balangan dalam bidang kesehatan. Sampai saat ini seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan telah menjalankan secara rutin, berkeliling ke rumah warga.

Salah satu warga Balangan, Lestari, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program homecare yang dijalankan oleh Pemkab Balangan melalui puskesmas setempat.

"Semoga program ini terus berlanjut ke depannya, karena program ini sangat bermanfaat sekali untuk warga masyarakat," ucap Lestari.