BPBD Sebut Musim Hujan Sepanjang 2023 di Sumsel Relatif Ringan
Ilustrasi cuaca buruk

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan menyebutkan kerawanan puncak musim hujan pada bulan Pebruari 2023 untuk daerah itu relatif kecil dibanding wilayah tengah dan timur Indonesia.

"Berdasarkan prakiraan puncak musim hujan di Tanah Air akan terjadi pada Pebruari ini. Tapi kerawanan untuk wilayah Sumatera khususnya Sumatera Selatan relatif sedikit atau bahkan lebih aman, karena siklonnya lebih kecil," kata Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel Ansyori, dikutip ANTARA Minggu, 5 Februari.

Meski demikian BPBD Sumsel tetap siaga untuk mengantisipasi hal-hal di luar prakiraan seperti bencana alam banjir atau tanah longsor.

BPPD juga mengimbau masyarakat Sumsel tetap waspada terutama yang bermukim di dataran rendah dan bantaran Sungai Musi.

"Kami tetap mengimbau masyarakat tetap waspada. Kami pun selalu siaga meski kerawanan dampak musim hujan ini relatif kecil di Sumsel," katanya menambahkan.

Menyinggung soal puting beliung yang bulan lalu sempat merusak dua unit di Kota Palembang, Ansyori mengatakan hal itu sulit diprediksi.

Sebab puting beliung ini tidak serta merta bisa dipantau, seperti hujan dan kemarau bisa terpantau dari siklus alam.

Ia menjelaskan memang pada musim hujan terkadang disertai angin kencang yang menyebabkan juga muncul angin puting beliung.

Namun, masyarakat diimbau tetap mewaspadainya, terutama yang bermukim di kawasan-kawasan terbuka seperti persawahan dan sebagainya.

"Biasanya puting beliung muncul di kawasan terbuka seperti persawahan," kata dia.