Pernah Ikut HTI, Wakil Dekan Unpad Diganti
ILUSTRAS/Kampus Unpad (Foto via ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Universitas Padjajaran (Unpad) mengganti Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Wakil dekan Asep Agus Handaka Suryana diduga pernah ikut dalam organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dibubarkan pemerintah tahun 2017.

Dalam keterangan pers dijelaskan Unpad selalu berkomitmen untuk menjalankan fungnsi sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan senantiasa menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta peduli dengan dinamika kebangsaan yang terjadi.

Hal ini juga disebut berlaku dalam penentuan pejabat-pejabat di lingkungan universitas termasuk dalam proses penetapan dekan dan wakil dekan yang berlangsung hingga 2 Januari.

“Berkaitan dengan hal tersebut dan berdasarkan informasi yang diperoleh terkait rekam jejak Dr Asep Agus Handaka Suryana, Spi. MT yang tidak ditemukan dan tidak tersampaikan kepada pimpinan universitas selama proses pemilihan wakil denkan fakultas, Unpad menerbitkan Surat Keputusan Rektor Nomor 86/UN6.RKT/Kep-HJ/2021 tentang pemberhentian Dr Asep Agus Handaka Suryana dari jabatan wakil dekan bidang sumber daya dan organisasi FPIK,” demikian keterangan pers Unpad, Senin, 4 Januari. 

Selanjutnya Rektor Unpad mengangkat Dr Ir Eddy Afrianto MSi sebagai penggantinya. Pengangkatan ini berdasarkan surat keputusan rektor No.87/UN6/RKT/Kep-HK/2021.

“Penggantian dan pelantikan wakil dekan bidang sumber daya dan organisasi Fakultas Perikanan dan Kelautan Unpad dilaksanakan Senin 4 Januari,” sambung keterangan pers yang dikutip.

Soal pencopotan wakil dekwan Asep Agus Handaka Suryana ini, juru bicara presiden, Fadjroel Rachman ikut mencuit lewat akun Twitter miliknya @ fadjroeL. Dia menyebut pemberhentian Asep Agus Handaka Suryana karena terkait latar belakangnya sebagai pengurus HTI.