Menteri Luar Negeri Era Soeharto, Mochtar Kusumaatmadja Meninggal Dunia
Mochtar Kusumaatmadja (Foto: IG @kantorstafpresidenri)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan Menteri era Soeharto Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia hari ini, Minggu, 6 Juni. Beliau menjabat menteri selama tiga kali dalam kabinet Pembangunan II, III, dan IV. 

Kabar duka tersebut disampaikan akun Instagram Kantor Staf Presiden (KSP) @kantorstafpresidenri.

“Turut berdukacita yang mendalam atas wafatnya Mochtar Kusumaatmadja,” tulis @kantorstafpresidenri. 

Di era Soeharto Mochtar Kusumaatmadja diketahui menjabat beberapa posisi menteri. Selain itu juga merupakan Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (Unpad)

“Beliau merupakan Guru Besar dan Dekan di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung, Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973-1978), dan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV Kabinet Pembangunan III dan IV (1978-1988),” tulis @kantorstafpresidenri.

“Semoga amal ibadah beliau diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan. Amin,” lanjut @kantorstafpresidenri.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai pakar hukum laut internasional ini meninggal dunia di RS Siloam, Jakarta. Kini jenazah disemayamkan di rumah duka di Jalan Balitung 3 No 2 Kebayoran Baru.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddique ikut berbela sungkawa dan mendoakan Mochtar Kusumaatmadja yang punya banyak jasa terhadap Indonesia melalui akun twitternya.

"Innalillahu wa inna ilaihi rojiun. Bapak Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmaja meninggal dunia dengan segala legacy (warisan), jasa dan pengabdian untuk bangsa dan negara. Kita doakan segala yang terbaik untuk almarhum," tulis eks Ketua MK itu, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari akun Twitter @jimlyAs