Disdik Sleman Terbitkan Edaran Pencegahan Penculikan Anak, Bupati Minta Sekolah Terapkan ke Murid
Zona selamat sekolah di Temanggung Jawa Tengah. (Antara)

Bagikan:

DIY - Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo minta sekolah memperhatikan dan menerapkan surat edaran (SE) yang diterbitkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman soal pencegahan kasus penculikan anak.

SE tentang Peningkatan Kewaspadaan Pada Pencegahan Kasus Penculikan Anak kepada pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Sleman itu baru saja diterbitkan.

"Disdik telah membuat edaran dan ada poin-poin yang diperhatikan oleh pihak sekolah. Harapan kita kejadian itu (penculikan) bisa dicegah karena pengawasannya di sekolah kami minta ditingkatkan," kata Kustini di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis 2 Februari, disitat Antara.

Kustini pun minta orang tua tidak panik berlebihan meski isu penculikan anak usia sekolah di Tanah Air makin marak.

Ia mengatakan, untuk menghindari kasus penculikan, orangtua agar menjemput saat akan jam pulang sekolah dan menawarkan bekal sendiri dari rumah agar tidak jajan di luar lingkungan sekolah.

"Orang tua juga harus wanti-wanti anaknya agar tidak menerima pemberian sesuatu dari orang yang tidak dikenal, apapun bentuknya," katanya.

Terkait maraknya kabar kejadian penculikan di beberapa daerah di sejumlah media sosial, Kustini akan menjalin komunikasi dengan pihak kepolisian.

"Kami akan intenskan komunikasi dengan pihak kepolisian. Karena wilayah Sleman juga luas. Tentu peran polisi akan sangat membantu dalam membantu memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak terprovokasi terhadap isu atau kejadian yang sedang berkembang," katanya.

Sebelumnya beredar di sejumlah media sosial mengenai kejadian penculikan anak siswa sekolah dasar (SD) di daerah Kelurahan Maguwoharjo, Depok, Sleman dan menjadi ramai diperbincangkan di kalangan orangtua siswa.

Bahkan kabar penculikan itu beredar melalui pesan WhatsApp yang isinya menyatakan ada tiga siswa SD yang hampir diculik namun gagal.