Pembangunan Jembatan Juwana Pati Ditargetkan Rampung Lebih Cepat
Pekerja tengah memasang besi untuk konstruksi beton Jembatan Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Bagikan:

PATI - Pembangunan Jembatan Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah, direncanakan bisa diselesaikan lebih cepat dari rencana awal pada 15 April 2023 menjadi 1 April.

"Kami mendorong rencana penyelesaian pembangunan Jembatan Juwana lebih cepat itu bisa direalisasikan sehingga bisa segera dilewati oleh pengguna jalan," kata Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dilansir ANTARA, Rabu 1 Februari.

Rapat juga dihadiri Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Polresta Pati, Dandim 0718/Pati, Balai Perhubungan Wilayah II Pati, Dishub Pati, dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pati.

Henggar juga berharap perbaikan ruas jalan di wilayah Pantura Pati bisa selesai sebelum Lebaran.

Menurut dia, jalan yang rusak perlu diperbaiki, sedangkan saat ini perbaikan berlangsung di ruas jalan dari mulai Juwana hingga Batangan.

Panjang jalan yang diperbaiki, kata dia, mulai dari kilometer 89-95 dengan panjang jalan sekitar 5,4 km yang direncanakan bisa selesai dikerjakan pada 12 April 2023.

Selain itu, imbuh dia, ada lima segmen yang akan dikerjakan dan merupakan titik paling parah.

"Oleh karena itu, kami berharap bisa diselesaikan secepatnya," ujarnya.

 

Henggar juga menekankan perlunya sinergi di lapangan sehingga nantinya jangan sampai terjadi gangguan lalu lintas.

Untuk itu, kata dia, disiapkan jalur alternatif, di antaranya jalur yang sudah disiapkan oleh BBPJN, yakni Jalur Glonggong-Jakenan yang kondisinya sudah bagus.

Jalur alternatif lainnya juga akan disiapkan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Untuk memudahkan pengguna jalan, maka akan ditambahkan papan informasi dalam jumlah banyak agar mudah diketahui pengguna jalan.