Fadli Zon Pimpin Pertemuan Grup Asia di Forum Parlemen OKI
Fadli Zon pimpin pertemuan group di sidang parlemen OKI. (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKASP) DPR RI Fadli Zon terpilih untuk memimpin Sidang Konsultasi Grup Asia di Forum Parlemen Negara-negara OKI atau Parliamentary Union of OIC (PUIC), Sabtu 28 Januari.

Sejumlah negara Asia yang tergabung dalam grup ini mendiskusikan ihwal representasi Asia di sejumlah organ strategis PUIC.

Komisi Eksekutif

DPR RI sendiri sebagai Delegasi Parlemen Indonesia berhasil menduduki keanggotaan di berbagai organ PUIC penting yaitu di Komisi Eksekutif, Komisi Politik dan Luar Negeri, HAM dan Keluarga, dan Komisi Budaya dan Dialog Antar-Peradaban.

Selain itu, DPR juga bersama Parlemen Iran terpilih sebagai anggota Ad-Hoc Komisi Muslim Minoritas yang bertugas menangani berbagai tantangan Muslim minoritas di seluruh dunia termasuk masalah Islamophobia.

Lebih jauh, DPR berinisiatif menjadi tuan rumah serial diskusi bertajuk Human Rights in Muslim Countries, sebagai bagian agenda PUIC.

Usai pertemuan Grup Asia, Delegasi DPR menghadiri pembukaan Konferensi PUIC ke-17 yang diketuai Parlemen Aljazair.

Fadli Zon. (Foto Savic rabos, DI: Raga VOI)
Fadli Zon. (Foto Savic rabos, DI: Raga VOI)

Sejumlah isu mengemuka di momen pembukaan tersebut antara lain masalah Palestina sebagai keprihatinan bersama dan isu yang menyatukan dunia Islam, pembakaran Al-Quran dan islamophobia, dan penderitaan Muslim minoritas terutama di Rakhine dan Uyghur.

Penting dicatat pula bahwa acara pembukaan konferensi dihadiri representasi Parlemen Afrika dan Amerika Latin di mana kedua blok forum regional tersebut siap bekerjasama dengan PUIC dalam merespon tantangan bersama.