Bagikan:

JAKARTA – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, mengajak negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk bersatu dan mengambil tindakan nyata dalam mendukung perjuangan Palestina.

Dalam pertemuan ke-52 Komite Eksekutif Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC) di Rabat, Maroko, 10-11 September 2024, Fadli menegaskan pentingnya menerapkan gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS) terhadap produk-produk yang mendukung genosida Israel.

“Tidak cukup hanya mengutuk, negara-negara Islam harus bersatu dan mengambil langkah nyata dengan menggalakkan gerakan BDS terhadap produk-produk yang terkait dengan genosida Israel di Palestina,” ujar Fadli Zon, dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat, 13 September.

Sebagai Wakil Presiden Liga Parlemen Dunia untuk Al-Quds dan Palestina, Fadli Zon juga menekankan pentingnya memperkuat diplomasi parlemen di kalangan negara OKI untuk mempercepat gencatan senjata dan menghentikan aksi brutal Israel. Menurutnya, dukungan ini harus dimaksimalkan melalui berbagai platform, baik bilateral maupun multilateral.

Sekretaris Jenderal PUIC, Mouhammed Khouraichi Niass, mengapresiasi konsistensi DPR RI dalam mendukung kemerdekaan Palestina melalui diplomasi parlemen. Ia menyatakan bahwa peran aktif Indonesia dalam forum internasional memperkuat posisi diplomatik negara-negara Islam dalam isu ini.

Selain itu, Fadli Zon juga mengumumkan kesiapan DPR RI untuk menjadi tuan rumah Konferensi PUIC ke-19 yang akan digelar di Jakarta pada Februari 2025. Keputusan ini diambil setelah negara-negara anggota PUIC memberikan dukungan aklamasi kepada Indonesia untuk memimpin konferensi tersebut.