Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru, Hindari Bepergian Besok
(Photo by Nabeel Syed on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus lalu lintas akan terjadi pada akhir pekan ini. Mengingat 40 persen kendaraan belum kembali ke Jabodetabek.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mencatat terjadi pergerakan arus lalu lintas sebanyak 638.489 kendaraan sejak 22 Desember- 27 Desember. Melalui data yang dihimpun di Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi terdapat 254.861 kendaraan yang belum kembali.

"Sejauh ini berdasarkan prediksi maka puncak arus balik akan terjadi pada akhir pekan ini atau Minggu 3 Januari," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam keterangannya, Jumat, 1 Desember.

Dirjen Budi mengimbau agar masyarakat atau pengendara untuk hindari berpergian pada saat puncak arus lalu lintas. Sedangkan untuk arus balik, bila memungkinkan masyarkaat hendaknya kembali ke Jabodetabek sesegera mungkin, sehingga perjalanan jadi nyaman dan aman.

"Oleh karena itu kami mengimbau kepada para masyarakat untuk mengatur jadwal perjalanan agar tetap nyaman dan menghindari terjadinya penumpukan arus lalu lintas pada hari Minggu nanti," kata Budi.

Dari data yang dihimpun Ditjen Hubdat juga tercatat bahwa pergerakan arus kendaraan terjadi di hari Kamis atau bertepatan dengan malam pergantian tahun baru. Sedikitnya 176.365 kendaraan meninggalkan Jakarta, dengan jumlah terbanyak yaitu di Cikampek Utama arah timur sejumlah 55.188 kendaraan.

"Pulanglah lebih awal, jamnya juga harus diatur sehingga kalau perjalanan pada pagi hari maka tidak akan yang mengantuk," ucap Dirjen Budi.